PENDAMPINGAN PEMBUATAN BUKU BAGI MAHASISWA PAI GUNA MENINGKATKAN LITERASI AKADEMIK

Authors

  • Tamrin Fathon Institut Agama Islam Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41372

Keywords:

Literasi Akademik, Pendampingan, Pembuatan Buku, Mahasiswa PAI, Participatory Action Research (PAR).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program pendampingan pembuatan buku bagi mahasiswa PAI guna meningkatkan literasi akademik mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan mahasiswa secara aktif dalam seluruh tahapan pendampingan, mulai dari identifikasi permasalahan, penyusunan konsep buku, penulisan, hingga publikasi. Melalui serangkaian pelatihan, lokakarya, dan sesi bimbingan, mahasiswa memperoleh pemahaman mendalam tentang teknik penulisan akademik serta pentingnya literasi dalam dunia akademik. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui refleksi dan diskusi bersama guna menilai perkembangan serta mengatasi hambatan yang muncul selama proses pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PAR efektif dalam meningkatkan literasi akademik mahasiswa PAI. Mahasiswa tidak hanya mampu menyusun buku yang sesuai dengan standar akademik, tetapi juga mengalami peningkatan dalam pemahaman terhadap struktur penulisan, penggunaan sumber referensi, serta keterampilan berpikir kritis. Selain itu, program ini turut mendorong budaya literasi di lingkungan akademik dengan menciptakan siklus pembelajaran yang berkelanjutan. Dengan demikian, pendampingan pembuatan buku berbasis PAR dapat menjadi strategi yang tepat dalam meningkatkan kualitas literasi akademik mahasiswa PAI dan memperkuat kontribusi mereka dalam pengembangan keilmuan Islam.

References

Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 18(2), 90.

Chevalier, J. M. (2019). Participatory action research: Theory and methods for engaged inquiry. Routledge.

Cornish, F., Breton, N., Moreno-Tabarez, U., Delgado, J., Rua, M., de-Graft Aikins, A., & Hodgetts, D. (2023). Participatory action research. Nature Reviews Methods Primers, 3(1), 34.

Getrudis, T., & Ermeisi, E. U. (2022). Hambatan dalam penyusunan proposal penelitian oleh mahasiswa keperawatan STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Jurnal Keperawatan Suaka Insan.

Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140–148.

Thoriquttyas, T., & Ahsin, N. (2022). Pendampingan Literasi Akademik dan Non Akademik Berbasis Daring Bagi Mahasiswa Baru di Kota Kediri. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 2(1), 36–48.

Witjaksana, B., Purwanti, A., Fathoni, T., & Dewi, D. D. (2024). Increasiation Economic Management Literacy For The Community Through The Independent Entrepreneurship Program. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6207–6215.

Wulandari, D., Khusaini, K., & Syamiya, E. N. (2022). Literasi digital sebagai faktor penentu prestasi akademik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3).

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Fathon, T. (2025). PENDAMPINGAN PEMBUATAN BUKU BAGI MAHASISWA PAI GUNA MENINGKATKAN LITERASI AKADEMIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 681–687. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41372

Similar Articles

<< < 

You may also start an advanced similarity search for this article.