OPTIMALISASI SARANA BELAJAR UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN LEBAKWANGI 02 KECMAAATAN CIGUDEG BOGOR BARAT

Authors

  • Ahmad Farid Universitas Darunnajah
  • Fariz Khaerul Fazri Universitas Darunnajah
  • Rizqi Maulana Universitas Darunnajah
  • Zainal Arif Universitas Darunnajah
  • Sauki Ilman Universitas Darunnajah
  • Zaky Pradana Universitas Darunnajah
  • Moh Toif Universitas Darunnajah
  • Dicki Ahmad Universitas Darunnajah
  • Fatur Rizki Universitas Darunnajah
  • Kilau Laut Universitas Darunnajah
  • Farhan Fauzi Universitas Darunnajah
  • Muhammad Fajri Universitas Darunnajah
  • Rahmat Rahmat Universitas Darunnajah
  • Muhammad Fajri Universitas Darunnajah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41011

Keywords:

SDN Lebakwangi 02, Mutu Pendidikan, Sarana Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam upaya optimalisasi sarana belajar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Lebakwangi 02. Melalui pendekatan komprehensif, kajian ini akan menganalisis kondisi yang ada sarana belajar, mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi ideal dan aktual, serta menguraikan strategi konkret untuk mengoptimalkan sarana pendidikan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan ini dipilih untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang upaya optimalisasi sarana belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Lebakwangi 02. Penelitian dilaksanakan di SDN Lebakwangi 02 yang berlokasi di Kecamatan Lebakwangi dengan durasi pengambilan data selama 10 dari tanggal 12 Desember sampai tanggal 22 Desember 2024.SDN Lebakwangi 02 telah menunjukkan upaya yang signifikan dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Meskipun masih menghadapi beberapa keterbatasan seperti jumlah ruang kelas yang belum memenuhi standar (hanya 9 dari kebutuhan 12 ruang), sekolah telah berhasil mengoptimalkan fasilitas yang ada dengan baik. Hal ini tercermin dari beberapa aspek: Pengelolaan fasilitas IT , Perpustakaan sekolah, lapangan olahraga, perpustakaan, laboratorium, mushola, ruang kelas, ruanag gurujadi dapat disimpulkan Dampak dari optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana ini terlihat dari peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Para guru melaporkan bahwa ketersediaan fasilitas yang memadai telah membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pemahaman siswa. Namun, masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti pengembangan sistem administrasi berbasis digital dan pemeliharaan sarana yang ada untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di SDN Lebakwangi 02.    

References

Adinda Lestari, Achmad Junaedi Sitika, Ceceng Syarief “Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Dengan Optimalisasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pada Smp Negeri 3 Karang Bahagia Bekasi”, Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, vol. 6 No. 2 (2021).

Nasution, Nurwinda Aulia, and Syafri Fadillah Marpaung. "Strategi Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Sarana Prasarana di Madrasah Aliyah." Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4.2 (2023).

Wahyudi, D. R. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta, 2009.

Shobirin, Ma’as. "Konsep dan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar." Yogyakarta: Deepublish (2016).

Kuantitatif, Pendidikan Pendekatan. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung, 2016.

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). 2016.

Maesih, Missy. Manajemen Sarana Dan Prasarana Olahraga Di Sma Penyelenggara Kelas Khusus Olahraga. Hanata Widya, 2017.

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

Farid, A., Fazri, F. . K., Maulana, R., Arif , Z., Ilman, S., Pradana, Z., … Fajri, M. (2025). OPTIMALISASI SARANA BELAJAR UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN LEBAKWANGI 02 KECMAAATAN CIGUDEG BOGOR BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 910–917. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41011

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.