RE-BRANDING KEMASAN & LOGO KOPI KUDA BERKAIT DESA SEBONG PEREH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40505Keywords:
Rebranding, Logo, UMKMAbstract
Desa Sebong Pereh merupakan desa pesisir di Kecamatan Teluk sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian dilaksanakan pertama kali pada tanggal 23 Oktober 2023 pembuatan Kopi Kuda Berkait yang beralamat di Desa Sebong pereh bertempat di rumah pak Bedu sebagai pemilik usaha Kopi Kuda Berkait. Kami melakukan program yaitu Re-Branding. Disana kami menanyakan Sejarah terbentuknya kopi kuda berkait dan kendala yang dialami terutama di legalitas yaitu label HALAL, PIRT dan BPOM pada kemasan Kopi Kuda Berkait tersebut, dan kendala lainnya yaitu di bahan campuran kopinya kuda laut. Sebelum proses rebranding, kemasan dan logo Kopi Kuda Berkait memiliki tampilan yang dianggap kurang menarik. Kemasan tersebut menggunakan warna hitam doff dan desain logo yang dianggap kurang atraktif. Setelah melalui proses rebranding, Kopi Kuda Berkait kini memiliki kemasan dan logo yang mengalami perubahan signifikan. Penggunaan warna pada kemasan yang menarik, dengan bagian depan kemasan yang transparan, memungkinkan pembeli melihat secara jelas bubuk Kopi Kuda Berkait didalamnya. Sementara bagian belakang kemasan dihiasi dengan warna gold, memberikan kesan yang elegan dan eksklusif. Perubahan ini diharapkan dapat memberikan daya tarik yang lebih kuat kepada konsumen dan mencerminkan kualitas serta identitas merek yang lebih baik setelah proses rebranding. Selain itu, dengan penggunaan kemasan ziplock dapat menjaga bubuk Kopi Kuda Berkait dari paparan udara yang dapat memengaruhi kualitas aroma dan rasanya.References
Abriyoso, O., Suganda, W., Harsoyo, E., Syahputri, D. M., Afriza, I., Tambunan, T. Y., Harningsih, Y., Kusuma, F. H., Siregar, H. P., Saputra, R. H., Titania, R. A., Randika, B. Z., Saputri, S. A., & Wahyuni, R. (2023). Pelatihan Promosi Dan Pemasaran Digital Pada Umkm. 4(2), 4158–4161.
Christine Wijaya, M., Gogor Bangsa, P., Malkisedek, M. H., Studi Desain Komunikasi Visual, P., & Seni dan Desain, F. (2019). Perancangan Rebranding Produk “Kopi Jagung Sidomukti” Kota Malang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14).
Isa Alamsyahbana dkk. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (1 ed.). CV. Media Sains Indonesia.
Jonathan, C., Wijayanti, A., Adib, A., Studi, P., Komunikasi Visual, D., Seni, F., & Desain, D. (2020). Perancangan Visual Brand Identity Untuk Startup Kopi Coldbrew. Jurnal DKV Adiwarna, 1(1).
Mu’azamsyah dkk. (2023). Pendampingan Branding Packaging Dan Digital Marketing Pada Kerupuk Atom Khas Desa Pengudang. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89.
Muhammad Isa Alamsyahbana, Salihi, S., Rachmad Chartady, Armansyah, A., Vina Amalia Putri, M. Fachri Riauan, Mutiara Adinda Febrian, & M. Iqbal Sesaria. (2023). Pengabdian Dalam Mengoptimalisasikan Kegiatan Perekonomian Umkm Di Kelurahan Batu Sembilan Melalui Program Digitalisasi Umkm. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 423–428. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i2.6055
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Armansyah Armansyah, Anggia Sekar Putri, Eko Murti Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.