PENINGKATAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK MELALUI PUBLIKASI KARYA ILMIAH BEREPUTASI INTERNASIONAL

Authors

  • Abdul Halim Hasugian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mhd. Furqan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.40408

Keywords:

Kualitas Pendidik, Publikasi Internasional, Penulisan Akademik, Pengembangan Profesi, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tantangan dan strategi dalam meningkatkan kualitas pendidik melalui publikasi ilmiah bereputasi internasional. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara komprehensif, observasi langsung, dan analisis dokumen di beberapa perguruan tinggi terpilih. Penelitian ini mengungkapkan adanya hambatan yang signifikan termasuk kemampuan bahasa Inggris yang terbatas, keterbatasan waktu, dan kurangnya keterampilan menulis penelitian di antara para pendidik. Melalui program intervensi yang ditargetkan termasuk lokakarya khusus dan sesi pendampingan, para peserta menunjukkan peningkatan yang nyata dalam kemampuan publikasi mereka. Studi ini menunjukkan bahwa pendekatan pelatihan sistematis yang dikombinasikan dengan dukungan kelembagaan dapat secara efektif meningkatkan kapasitas pendidik untuk menghasilkan publikasi ilmiah yang diakui secara internasional. Rekomendasi yang diberikan termasuk membuat program pengembangan penulisan yang berkelanjutan, menciptakan jaringan penelitian kolaboratif, dan menerapkan sistem insentif untuk publikasi internasional.

References

Anderson, R., & Thompson, K. (2023). Academic Writing in Global Context: Implications for Higher Education. Journal of Higher Education, 45(2), 112-128.

Blackwood, R., & Martinez, J. (2022). International Publication Strategies in Academia: A Comprehensive Review. Research in Higher Education Quarterly, 33(4), 78-92.

Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. Jakarta: Prenada Media,2005

Chen, Y., Wang, L., & Zhang, H. (2023). Faculty Development Through Research Publications: Evidence from Asian Universities. International Journal of Academic Development, 28(3), 245-260.

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Dosen. Jakarta:2001

Harrison, P. (2023). Writing for Academic Journals: A Practical Guide (3rd ed.). Routledge.

Johnson, M., & Smith, P. (2022). Professional Development in Higher Education: Theory and Practice. Sage Publications.

Martinez, C., & Rodriguez, E. (2022). Building Research Capacity in Higher Education: A Global Perspective. Studies in Higher Education, 47(5), 623-638.

Richards, K. (2023). Academic Publishing in the Digital Age. Cambridge University Press.

Thompson, S. (2022). Research Methods in Education: A Practical Guide. Oxford University Press.

Williams, K., & Brown, T. (2023). Professional Development of University Educators: Contemporary Challenges. Teaching in Higher Education, 18(2), 89-104.

Zhang, L. (2023). Global Academic Publishing: Trends and Challenges. Higher Education Research & Development, 42(1), 15-30.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Hasugian, A. H., & Furqan, M. (2024). PENINGKATAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK MELALUI PUBLIKASI KARYA ILMIAH BEREPUTASI INTERNASIONAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 12699–12702. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.40408

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.