PKM PSIKOEDUKASI PREVENSI GANGGUAN KOGNITIF NEUROPSIKOLOGIS BAGI ORANG TUA SISWA SD INPRES SAILONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39349Keywords:
Sistem Penampungan Air, Energi Surya, Pertanian BerkelanjutanAbstract
Psikoedukasi ini bertujuan untuk membantu orang tua siswa dalam meningkatkan keterampilan preventif gangguan kognitif neuropsikologis. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan dihadiri oleh 32 peserta. Evalusi kegiatan dilakukan pada dua hal, yakni efektivitas psikoedukasi dan kualitasnya berdasarkan kepuasan peserta, kualitas materi dan bahan ajar serta penyampaian pemateri. Data hasil evaluasi dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan teknik paired sample t-test. Hasil psikoedukasi ini menunjukkan efektivitas program dilihat dari sebelum dan setelah diberikannya perlakuan dengan nilai sig. = 0,004 (p < 0,05). Adapun respon peserta dalam psikoedukasi ini menunjukkan respon positif, baik dilihat kepuasan terhadap pemateri, materi dan bahan ajar serta pelaksana. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan program dapat berjalan secara berkelanjutan pada orang tua, guru dan anak.References
Abeysekera, O. (2022). What Are The Factors That Influence Learning? [Education]. Dr Study Learning. https://drstudylearning.com.au/what-are-the-factors-that-influence-learning/
Armstrong, C. L., & Morrow, L. A. (2019). Handbook of Medical Neuropsychology: Applications of Cognitive Neuroscience. Spinger.
Bangun, S. R. (2018). Memori kerja dan kesulitan belajar pada anak sekolah dasar: Suatu kajian berbasis bukti di satu sekolah dasar negeri Jakarta Pusat. Universitas Indonesia.
Barger, Torquati, Larson, Bartz, Johnson-Gaither, Gardner, Moody, Rosenberg, Schutte, Murray, & Schram. (2021). Measuring Green Space Effects on Attention and Stress in Children and Youth: A Scoping Review. Children, Youth and Environments, 31(1), 1. https://doi.org/10.7721/chilyoutenvi.31.1.0001
Boyle, G. J., Golden, C. J., Stein, D. J., & Stern, Y. (2023). The SAGE Handbook of Clinical Neuropsychology: Clinical Neuropsychological Assessment and Diagnosis. Sage.
Crichton, A., Anderson, V., Oakley, E., Greenham, M., Hearps, S., Delzoppo, C., Beauchamp, M. H., Hutchison, J. S., Guerguerian, A.-M., Boutis, K., & Babl, F. E. (2018). Fatigue Following Traumatic Brain Injury in Children and Adolescents: A Longitudinal Follow-Up 6 to 12 Months After Injury. Journal of Head Trauma Rehabilitation, 33(3), 200–209. https://doi.org/10.1097/HTR.0000000000000330
Davidson, L. L., Durkin, M. S., & Khan, N. Z. (2003). Studies of children in developing countries. How soon can we prevent neurodisability in childhood? Developmental Medicine & Child Neurology, 45(s96), 18–24. https://doi.org/10.1111/j.1469-8749.2003.tb04651.x
Durá-Travé, T., & Gallinas-Victoriano, F. (2014). Caloric and nutrient intake in children with attention deficit hyperactivity disorder treated with extended-release methylphenidate: Analysis of a cross-sectional nutrition survey. JRSM Open, 5(2), 2042533313517690. https://doi.org/10.1177/2042533313517690
Giantika, G. G., Utomo, I. W., Munanjar, A., & Susilowati, S. (2023). Public Speaking bagi Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan Cibubur Jakarta untuk Menunjang Presentasi. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 383–392. https://doi.org/10.54082/jippm.96
Hoelman, M. B., Parhusip, B. T. P., Eko, S., Bahgijo, S., & Santono, H. (2015). Panduan SDGs Untuk Pemerintah Daerah (Kota dan Kabupaten) dan Pemangku Kepentingan Daerah. INFID.
Kaligis, F., & Wiguna, T. (2021). Gangguan Memori Kerja pada Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas: Suatu Studi Komparatif. Sari Pediatri, 23(2).
Kusumawardana R., D., & Rosita, T. (2021). Dampak Hambatan Disleksia pada Self-Esteem Siswa di Sekolah Dasar Inklusi. 4(2), 146–156.
Mutmainnah, A. (2020). Lancar Berdebat: Bagaimana Menaklukkan Orang Lain Secara Cerdas, Meyakinkan, dan Beretika. Anak Hebat Indonesia.
Pongantung, H. Y., & Rosdewi. (2022). Stress dan Fungsi Kognitif terhadap Kemandirian Melakukan ADL Pasien Setelah Stroke. 1(1).
Probowati, D., Triyono, T., & Radjah, C. L. (2020). Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menurunkan Mogok Sekolah pada Siswa SMP. KONSELING EDUKASI ‘Journal of Guidance and Counseling’, 4(1), 76–100. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7723
Purnomo, S. H., & Zulkieflimansyah. (2017). Manajemen Strategi. LPEF UI.
Randolph, J. J. (2022). Positive Neuropsychology: Evidence-Based Perspectives on Promoting Brain and Cognitive Health. Spinger.
Rodrigues, T., & Shigaeff, N. (2022). Sleep disorders and attention: A systematic review. Arquivos de Neuro-Psiquiatria, 80(5), 530–538. https://doi.org/10.1590/0004-282x-anp-2021-0182
Sa’adati, T. I. (2015). Intervensi psikologis pada siswa dengan kesulitan belajar (Disleksia, Disgrafia dan Diskalkulia). 1(20), 1–12.
Syafitrih, W. (2023). Pengaruh Adiksi Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi, Gangguan Cemas, Depresi dan Stres pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan …. repository.unisma.ac.id. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7588
Thalib, T., Amirullah, M., Gismin, S. S., & Trisnawaty. (2024). E-Modul Preventif Gangguan Kognitif Neuropsikologis. Kemenkumham.
Walsh, J. (2010). Psycheducation In Mental Health. Lyceum Books, Inc.
Yulianti, R. P., Siregar, E. S., & Hidayat, I. M. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan kognitif terhadap kinerja siswa. 6(2), 117–128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tarmizi Thalib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.