STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM KUE BANJAR SEDAP RASA KABUPATEN JOMBANG MELALUI PENERAPAN DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39114Keywords:
Community Servis, UMKM, Pelatihan, Digital Marketing, Pengabdian MasyarakatAbstract
Perkembangan bisnis UMKM saat ini telah berpindah dari sistem konvensional ke sistem digital marketing menjadi peluang yang tepat untuk perkembangan di Indonesia. Namun, pada kondisinya saat ini masih terdapat pelaku usaha yang kurang memahami digital marketing dan kurangnya kesadaran masyarakat atau pengusaha untuk memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk mengembangkan kegiatannya. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang diterapkan menggunakan platform digital dan Internet untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan digital marketing pada produk UMKM Kue Banjar Sedap Rasa yang terletak di Dusun Cangakrejo, Desa Sumber Nongko, Kec. Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang bergerak di bidang usaha aneka kue kering sudah berdiri sejak tahun 1990. Adanya pelatihan melalui marketplace, branding di sosial media, mengoptimalkan pemasaran produk Kue Banjar Sedap Rasa akan terus berkembang, jangkauan pemasaran lebih luas dan meningkatkan profitabilitas pada UMKM Kue Banjar Sedap Rasa.References
Fauziah, N. A., Ala’aldin, J., Reihan, M., Hariyono, F. M., Hidayatullah, R. A., & Wahyudi, K. E. (2023). UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM KUE KERING MELALUI BRANDING KEMASAN DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, Issue 2). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Hidayahtullah, F., Sunarya, E., Ramdan, A. M., Sukabumi, U. M., Id, F. A., & Author, C. (2023). Analisys of Market Orientation and Product Innovation on Competitive Advantage in Small and Medium Pastry Businesses Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada UMKM Kue Kering. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Santoso, B., & Ardiyansyah, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Re-Branding UMKM Di Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar Marketing Communication Strategy In MSME Re-Branding In Kepanjenkidul Village, Blitar City. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(3), 50–62. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i3
Sitanggang, A. L. M., Joycelyn, B., Febrian, B., Tanaka, C., Santiago, E. S., Devina, F., Christian Kosasih, H., Budi Kusuma, L. K., & Elfriede, D. P. (2022). Peningkatan Kinerja UMKM dalam Kluster Kue Kering di Kabupaten Cianjur. Dedikasi?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–31. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasna Hamida Alifia Ar-Rasyi, Agus Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.