STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM KUE BANJAR SEDAP RASA KABUPATEN JOMBANG MELALUI PENERAPAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Hasna Hamida Alifia Ar-Rasyi Universitas Negeri Malang
  • Agus Hermawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39114

Keywords:

Community Servis, UMKM, Pelatihan, Digital Marketing, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Perkembangan  bisnis UMKM saat ini  telah  berpindah  dari  sistem  konvensional  ke  sistem  digital  marketing  menjadi  peluang  yang  tepat  untuk  perkembangan di  Indonesia. Namun,  pada  kondisinya  saat  ini  masih  terdapat  pelaku usaha  yang  kurang  memahami  digital  marketing  dan  kurangnya  kesadaran  masyarakat atau pengusaha untuk memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk mengembangkan kegiatannya. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang diterapkan menggunakan platform digital dan Internet untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan digital marketing pada produk UMKM Kue Banjar Sedap Rasa yang terletak di Dusun Cangakrejo, Desa Sumber Nongko, Kec. Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang bergerak di bidang usaha aneka kue kering sudah berdiri sejak tahun 1990. Adanya pelatihan melalui marketplace, branding di sosial media, mengoptimalkan pemasaran produk Kue Banjar Sedap Rasa akan terus berkembang, jangkauan pemasaran lebih luas dan meningkatkan profitabilitas pada UMKM Kue Banjar Sedap Rasa.

References

Fauziah, N. A., Ala’aldin, J., Reihan, M., Hariyono, F. M., Hidayatullah, R. A., & Wahyudi, K. E. (2023). UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM KUE KERING MELALUI BRANDING KEMASAN DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, Issue 2). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Hidayahtullah, F., Sunarya, E., Ramdan, A. M., Sukabumi, U. M., Id, F. A., & Author, C. (2023). Analisys of Market Orientation and Product Innovation on Competitive Advantage in Small and Medium Pastry Businesses Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada UMKM Kue Kering. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Santoso, B., & Ardiyansyah, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Re-Branding UMKM Di Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar Marketing Communication Strategy In MSME Re-Branding In Kepanjenkidul Village, Blitar City. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(3), 50–62. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i3

Sitanggang, A. L. M., Joycelyn, B., Febrian, B., Tanaka, C., Santiago, E. S., Devina, F., Christian Kosasih, H., Budi Kusuma, L. K., & Elfriede, D. P. (2022). Peningkatan Kinerja UMKM dalam Kluster Kue Kering di Kabupaten Cianjur. Dedikasi?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–31. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.1

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Ar-Rasyi, H. H. A. ., & Hermawan, A. . (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM KUE BANJAR SEDAP RASA KABUPATEN JOMBANG MELALUI PENERAPAN DIGITAL MARKETING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12186–12191. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39114