PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN KEBIJAKAN YANG MENDUKUNG SIKAP MANDIRI

Authors

  • Fajrillah Fajrillah Universitas IBBI
  • Jam’an Amadi Universitas IBB
  • May Handri Universitas IBB
  • Shamir Hasyim Syarif Universitas IBB
  • Juliani Juliani Universitas IBB
  • Jufri Antoni Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38550

Keywords:

Kompetensi Guru, Kemandirian Siswa, Pengembangan Profesional, Kebijakan Pendidikan, Pedagogis

Abstract

Kompetensi guru memiliki peran kritis dalam membentuk kemandirian siswa, namun masih terdapat kesenjangan signifikan dalam implementasi strategi pedagogis yang mendorong kemandirian. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui pendekatan komprehensif yang meliputi pendidikan masyarakat, difusi ipteks, pelatihan, mediasi, dan advokasi. Metode dilaksanakan melalui serangkaian intervensi yang mencakup penyuluhan, workshop, demonstrasi praktik mengajar, dan pendampingan berkelanjutan. Kegiatan melibatkan 35 guru dari yayasan pergurain IRA dengan menggunakan instrumen penilaian kompetensi pra dan pasca intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kompetensi guru, dengan rata-rata peningkatan 40,2% pada aspek pemahaman konsep kemandirian, perancangan RPP, implementasi strategi pembelajaran, dan evaluasi kemandirian siswa. Selain itu, dihasilkan kerangka kebijakan pendukung yang komprehensif untuk pengembangan profesionalisme guru. Kesimpulan menunjukkan bahwa intervensi sistemik dapat efektif mentransformasi kompetensi pedagogis guru dalam mendorong kemandirian siswa.

References

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Suryani, A., Wahyudi, & Setiawan, R. (2022). Difusi Teknologi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(3), 112-125.

Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2021). Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar.

Widodo, A., & Sulistyaningsih, E. (2020). Efektivitas Pelatihan Berbasis Praktik dalam Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(4), 78-92.

Rosana, D. (2019). Strategi Pendampingan Guru dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jurnal Pendidikan, 20(2), 45-58.

Hermawan, W., Supriyanto, A., & Rohman, A. (2021). Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Guru: Analisis Strategi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Nasional, 15(2), 87-102.

Pratiwi, D. R., & Nurhaedah, M. (2022). Tantangan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 45-59.

Sari, I. P., Wiranto, B., & Setiawan, R. (2019). Pendampingan Berkelanjutan sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12(1), 23-37.

Sumardi, K., & Susilawati, E. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogis Guru dalam Mendorong Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(4), 112-126.

Wiranto, B., & Setiawan, R. (2021). Model Kebijakan Pengembangan Kapasitas Guru di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 67-81.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Fajrillah, F., Amadi, J., Handri, M., Syarif, S. H., Juliani, J., & Antoni, J. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN KEBIJAKAN YANG MENDUKUNG SIKAP MANDIRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12886–12890. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38550

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.