PELAYANAN SATU PINTU DI KELURAHAN DADOK TUNGGUL HITAM

Authors

  • Azmen Kahar Universitas Negeri Padang
  • Khairani Saladin Universitas Negeri Padang
  • Hermansyah Hermansyah Universitas Negeri Padang
  • Feriantano Sundang Pranata Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38099

Keywords:

Pelayanan Publik, Pelayanan Satu Pintu, Efektivitas.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membahas efektivitas penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di keluarahan Dadok Tunggul Hitam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara observasi dan wawancara. Dalam pelaksanaan kegiatan, pelaksana pengabdian dengan mengunjungi secara langsung kantor Kelurahan Dadok Tunggul Hitam pada tanggal 19 Januari 2022. Hasil pengabdian ini adalah Proses penerapan pelayanan terpadu satu pintu di Keluarahan Dadok dinilai efektif karena semua proses terkendali dan terdaftar. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk memantau semua permintaan izin, meminimalkan masalah, dan memastikan kinerja organisasi melebihi target yang ditetapkan. Budaya pelayanan terpadu satu pintu di Keluarahan Dadok dinilai efektif. Karena budaya yang baik membantu dalam mencapai tujuan menerapkan layanan terpadu satu atap. Faktor pendukung efektifitas pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu di Keluarahan Dadok adalah 1) luas wilayah Keluarahan Dadok, dan 2) pengalihan izin oleh Kecamatan kepada Keluarahan Dadok. Faktor penghambat efektifitas pelaksanaan layanan integrasi dari satu sumber adalah 1) keterbatasan anggaran untuk sosialisasi dan penerbitan, dan 2) Masih belum cukupnya staf yang memiliki keterampilan yang diperlukan.

References

Fefta, Wijaya A dan Radyan Danar O. 2014. Manajemen Publik: Teori dan Praktek. Cetakan Pertama. Universitas Brawijaya Press, Malang.

Miles, B. Mathew., Huberman, A. Michael dan Saldana, Johnny. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Source Book. Third Edition. Arizona State University, America.

Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksara, Jakarta. Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.

Safroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik Dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing, Malang.

Siagian, P. Sondang. 2012. Administrasi Pembangunan: Konsep, Dimensi dan Strateginya. Bumi Aksara, Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Edisi Keenam. Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Kahar, A. ., Saladin, K. ., Hermansyah, H., & Pranata, F. S. . (2024). PELAYANAN SATU PINTU DI KELURAHAN DADOK TUNGGUL HITAM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11560–11564. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38099