STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI PEMUDA DI PERKOTAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37845Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Kemandirian Ekonomi, Pemuda Perkotaan, Strategi ManajemenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi manajemen pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi pemuda di perkotaan. Menggunakan metode tinjauan pustaka dengan pendekatan kualitatif, data dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi pola dan praktik terbaik dari program-program kewirausahaan yang relevan. Data diambil dari Google Scholar dengan cakupan tahun 2012-2024, menghasilkan 16 artikel terpilih dari 27 artikel awal. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan yang efektif harus mencakup pendekatan berbasis praktik, pemanfaatan teknologi digital, dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, serta sektor swasta. Studi kasus seperti Jakpreneur di Jakarta dan Pahlawan Ekonomi di Surabaya membuktikan bahwa pendidikan kewirausahaan dapat meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan akses pemuda ke sumber daya ekonomi yang lebih luas. Namun, keberhasilan implementasi strategi ini menghadapi tantangan seperti relevansi kurikulum, keterbatasan infrastruktur, dan kesenjangan akses bagi pemuda dari latar belakang sosial ekonomi rendah. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya evaluasi berkelanjutan dan kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan.References
Ahi, A. A., Sinkovics, N., Shildibekov, Y., Sinkovics, R. R., & Mehandjiev, N. (2022). Advanced technologies and international business: A multidisciplinary analysis of the literature. International Business Review, 31(4), 101967. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2021.101967
Antara. (2024). 50 UMKM Pemula di Makassar Ikut Pembinaan BRI Inkubator Agar Naik Kelas. Makassar.Antaranews.Com. https://makassar.antaranews.com/berita/544731/50-umkm-pemula-di-makassar-ikut-pembinaan-bri-inkubator-agar-naik-kelas
Bae, T. J., Qian, S., Miao, C., & Fiet, J. O. (2014). The Relationship between Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions: A Meta–Analytic Review. Entrepreneurship Theory and Practice, 38(2), 217–254. https://doi.org/10.1111/etap.12095
Farizki, M. (2012). Implementasi Pelatihan Optimasi Bisnis Melalui Jaringan Internet bagi Pengusaha Kecil di Daerah Istimewa Yogyakarta yang Diselenggarakan oleh Mata Air Production. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hagebakken, G., Reimers, C., & Solstad, E. (2021). Entrepreneurship Education as a Strategy to Build Regional Sustainability. Sustainability, 13(5), 2529. https://doi.org/10.3390/su13052529
Kemenparekraf. (2024). Creative Hub Tempat Bertemunya Elemen Pentahelix Sektor Ekonomi Kreatif. Www.Kemenparekraf.Go.Id. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/creative-hub-tempat-bertemunya-elemen-pentahelix-sektor-ekonomi-kreatif
Miki?, M., Sopta, M., & Horvatinovi?, T. (2019). The Role of Entrepreneurial Education in the Development of Entrepreneurship. EMC Review - ?asopis Za Ekonomiju - APEIRON, 16(2), 385–395. https://doi.org/10.7251/EMC1802385M
Novyana, M. G. (2024). Turunkan Angka Kemiskinan Surabaya, Program Pahlawan Ekonomi Bakal Dikembangkan Risma ke Suluruh Jatim. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2024/11/15/161317378/turunkan-angka-kemiskinan-surabaya-program-pahlawan-ekonomi-bakal#google_vignette
PR Wire. (2023). Mitra Bukalapak Tingkatkan Dampak Sosioekonomi Lewat Transformasi Warung. Antara. https://www.antaranews.com/berita/3824703/mitra-bukalapak-tingkatkan-dampak-sosioekonomi-lewat-transformasi-warung
Prasandha, D., & Susanti, Y. D. (2022). Empowering Rural Entrepreneurs through Independent-Entrepreneurship Literacy Program. ASEAN Journal of Community Engagement, 6(1), 48–75. https://doi.org/10.7454/ajce.v6i1.1176
Redaksi. (2022). Kampus UMKM Shopee Digadang Jadi Injeksi Semangat Para Pelaku Usaha di Jatim. Www.Surabayatoday.Id. https://www.surabayatoday.id/2022/04/13/kampus-umkm-shopee-digadang-jadi-injeksi-semangat-para-pelaku-usaha-di-jatim/
Sarkar, D., & Jena, S. K. (2024). The Impact of Entrepreneurial Competency on Educated Youths: A Pathway to Sustainable Development. ShodhKosh: Journal of Visual and Performing Arts, 5(5), 49–68. https://doi.org/10.29121/shodhkosh.v5.i5.2024.1617
Semarang, P. K. (2024). Pemberdayaan Urban Farming untuk Dukung Program “STROBERI.” Semarangkota.Go.Id.
UGM, F. (2023). Sociopreneurship: Sebuah Konsep Bisnis yang Berdampak bagi Masyarakat Sociopreneurship: Sebuah Konsep Bisnis yang Berdampak bagi Masyarakat. Chub.Fisipol.Ugm.Ac.Id.
Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, Sebayang, K. D. A., Mukhtar, S., & Shafiai, M. H. M. (2023). How does digital entrepreneurship education promote entrepreneurial intention? The role of social media and entrepreneurial intuition. Social Sciences & Humanities Open, 8(1), 100681. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681
Yea. (2024). WHY YEA?? Yea-Indonesia.Com. https://yea-indonesia.com/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Trioksa Siahaan, Chairunnisa Chairunnisa, Marliza Oktapiani, Urwatul Wutsqah, Arifannisa Arifannisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.