HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Authors

  • Hegar Harini STKIP Kusuma Negara
  • Neng Nurwiatin STKIP Kusuma Negara
  • Lutfi Hardiyanto STKIP Kusuma Negara
  • Nor Khakim STKIP Kusuma Negara
  • Ahmad Durul Napis STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37844

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Prestasi Akademik, Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterlibatan orang tua dan prestasi akademik siswa sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan pustaka menggunakan pendekatan kualitatif, di mana data diperoleh dari Google Scholar untuk periode 2005-2024. Dari 30 artikel awal, hanya 15 artikel yang dipilih setelah seleksi ketat berdasarkan relevansi dan kualitas. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi pola hubungan antara keterlibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran anak dengan capaian akademik mereka serta dampaknya terhadap kesejahteraan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua, baik melalui pendampingan belajar di rumah, partisipasi dalam kegiatan sekolah, maupun adaptasi terhadap pembelajaran berbasis digital, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap prestasi siswa. Prestasi akademik yang lebih baik pada gilirannya memperkuat kesejahteraan keluarga, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun psikologis. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan komunitas dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak sebagai langkah strategis untuk menciptakan kesejahteraan keluarga secara holistik.

References

Ahmad, W. H., Andini Sukma Dewi, Auliya Nur Azizah, Bima Hamdani Mawaridid, Devi Rahmawati Kafara, Khoirina Arifah Hasyimf, Muhammad Yogie Hidayatullah, & Silvi Ayuk Hartyastika. (2023). Meningkatkan Pendidikan Proses Belajar Mengajar Anak-Anakdi DesaBunut Wetan Kecamatan Pakis. Jurnal At-Tamkin, 9–21.

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Davis-Kean, P. E. (2005). The Influence of Parent Education and Family Income on Child Achievement: The Indirect Role of Parental Expectations and the Home Environment. Journal of Family Psychology, 19(2), 294–304. https://doi.org/10.1037/0893-3200.19.2.294

Dwi Haryanti. (2017). Keterlibatan Keluarga Sebagai Mitra dalam Pendidikan Anak. Noura, 1(1), 48–65.

Epstein, J. L. (2010). School/Family/Community Partnerships: Caring for the Children We Share. Phi Delta Kappan, 92(3), 81–96. https://doi.org/10.1177/003172171009200326

Fitri Kamilah, Saeful Anwar, & Ratna Dewi. (2021). Pengaruh Adanya Program Keluarga Harapan Bagi Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Program. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(4), 459–478.

Hill, N. E., & Tyson, D. F. (2009). Parental involvement in middle school: A meta-analytic assessment of the strategies that promote achievement. Developmental Psychology, 45(3), 740–763. https://doi.org/10.1037/a0015362

Irwanto, I., Habib, A., & Adawiyah, R. (2022). Orang Tua Melek Teknologi Pembelajaran (Dampak Positif Pembelajaran Daring Bagi Orang Tua Siswa MIS Al-Quba Medan). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 110–124. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.71

Kediri, P. (2023). Ketua TP PKK Kota Kediri Harap Program SOTH Bisa Entaskan dan Beri Pemahaman Teerkait Pola Asuh Anak Di Kota Kediri. Www.Kedirikota.Go.Id. https://www.kedirikota.go.id/p/berita/10111641/ketua-tp-pkk-kota-kediri-harap-program-soth-bisa-entaskan-dan-beri-pemahaman-teerkait-pola-asuh-anak-di-kota-kediri

Maisyarah, Desi Ismawati, & Mira Sri Rastiti. (2024). Penggunaan Metode AHE (Anak Hebat) dalam Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini: Tantangan dan Potensi. ABATATSA, 1(1), 1–14.

P2DPT. (2024). Keterlibatan Orang Tua dan Komunitas Dalam Pendidikan. P2dpt.Uma.Ac.Id. https://p2dpt.uma.ac.id/2024/05/28/keterlibatan-orang-tua-dan-komunitas-dalam-pendidikan/

Rahmanda, I., & Zulkarnaen, Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua dalam Jam Belajar Sekolah Usia 4-5 Tahun. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.428

Safiq Maulido, Popi Karmijah, & Vinanda Rahmi. (2023). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Di Daerah Terpencil. Jurnal Sadewa?: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 198–208. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.488

Sheila, S. P. D., Titi, S., & Sierfi, R. (2024). Implementasi Program Beasiswa Full Sarjana di Kota Cilegon. Konsensus: Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(5), 1–10.

Siregar, A., Hadijaya, Y., & Neliwati, N. (2024). Manajemen tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan prima di sekolah menengah kejuruan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 308. https://doi.org/10.29210/1202424233

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Harini, H., Nurwiatin, N. ., Hardiyanto, L. ., Khakim, N. ., & Napis, A. D. . (2024). HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11635–11640. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37844