PEMBERDAYAAN GURU SMP KABUPATEN LANDAK MELALUI PEMANFAATAN GAME-BASED LEARNING DAN CLOUD COMPUTING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL

Authors

  • Kunto Nurcahyoko Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Rudy Hartono Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Pradipta Annurwanda Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Yohanes Abxy Pebriyanto Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Citi Putri Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36440

Keywords:

Literasi Digital, Game-Based Learning, Cloud Computing, Pemberdayaan Guru

Abstract

Literasi digital merupakan kompetensi penting bagi guru di era digital untuk mendukung pembelajaran interaktif dan efektif. Artikel ini memaparkan persepsi guru yang mengikuti program pengabdian masyarakat bagi guru-guru SMP di Kabupaten Landak melalui penerapan Game-Based Learning (GBL) dan Cloud Computing. Program ini terdiri dari serangkaian pelatihan, pendampingan implementasi, dan evaluasi untuk meningkatkan pemahaman literasi digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah pelatihan ini, guru memiliki persepsi yang sangat baik terhadap literasi digital (skor rata-rata 4,61) dan mengakui pentingnya literasi digital dalam kegiatan pembelajaran (4,82). Selain itu, pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa (4,79) dan efektivitas pelatihan terhadap penguatan keterampilan abad ke-21 (4,75) juga mendapatkan apresiasi tinggi. Namun, guru masih merasa membutuhkan pelatihan lanjutan terkait cloud computing (4,86). Temuan ini menekankan perlunya pelatihan berkelanjutan dan dukungan infrastruktur teknologi untuk optimalisasi pemanfaatan GBL dan cloud computing dalam pendidikan. Program ini diharapkan menjadi contoh pemberdayaan guru untuk menghadapi tantangan pendidikan modern dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

References

Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Mercy, A., Susanto, Z., & Lestari, S. M. (2022). Optimalisasi perpustakaan desa untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Desa Nyiin Kecamatan Jelimpo. Dedikasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 91-98.

Breakstone, J., McGrew, S., Smith, M., Ortega, T., & Wineburg, S. (2018). Why we need a new approach to teaching digital literacy. Phi Delta Kappan, 99(6), 27-32.

Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2012). Personal learning environments, social media, and self-regulated learning: A natural formula for connecting formal and informal learning. Internet and Higher Education, 15(1), 3-8.

Gee, J. P. (2003). What video games have to teach us about learning and literacy. New York: Palgrave Macmillan.

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education & Literacy Studies, 6(3), 92-98.

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas penerapan literasi digital bagi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1397.

Mohin, M., Kunzwa, L., & Patel, S. (2022). Using mentimeter to enhance learning and teaching in a large class. International Journal of Educational Policy Research and Review, 9(2), 48.

Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers & Education, 59(3), 1065-1078.

Nurcahyoko, K., Annurwanda, P., & Sudirjo, E. (2024). Investigating the factors influencing literacy skills among young students in rural areas of Indonesia. Language Circle: Journal of Language and Literature, 18(2), 333-341.

Prensky, M. (2010). Teaching digital natives: Partnering for real learning. Thousand Oaks: Corwin Press.

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas pelatihan membuat media pembelajaran interaktif dengan Macro PowerPoint bagi guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-37.

Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26-32.

Spires, H. A., Paul, C. M., & Kerkhoff, S. N. (2019). Digital literacy for the 21st century. In Advanced methodologies and technologies in library science, information management, and scholarly inquiry (pp. 12-21). IGI Global.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Nurcahyoko, K. ., Hartono, R. ., Annurwanda, P. ., Pebriyanto, Y. A. ., & Putri, C. . (2024). PEMBERDAYAAN GURU SMP KABUPATEN LANDAK MELALUI PEMANFAATAN GAME-BASED LEARNING DAN CLOUD COMPUTING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10230–10236. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36440

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.