PENDAMPINGAN SNBT BAGI SISWA SMA NEGERI 2 BANTUL PADA SUBMATERI PENGETAHUAN KUANTITATIF

Authors

  • Eka Susilowati Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.36313

Keywords:

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Abstract

Pelaksanaan SNBT(Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) akan segera dilaksanakan tahun 2025. Banyak siswa siswi SMA yang masih merasa kesulitan dan tidak percaya diri untuk mengikutinya. Hal ini dikarenakan adanya persaingan yang sangat ketat antar siswa. Meskipun dasar dasar materi yang diujikan sudah diberikan di sekolah, namun dalam tes SNBT, masih perlu ketrampilan khusus dalam mengerjakan. Soal soal SNBT merupakan soal pengembangan dari materi yang diperoleh di sekolah. Pada materi pengetahuan kuantitatif, biasanya satu soal didasari oleh paling tidak dua materi di sekolah yang dikombinasi, missal logaritma dikombinasi dengan system persamaan linear dan lain sebagainya. Dengan demikian, dibutuhkan adanya pendampingan kepada para siswa untuk membantu para siswa agar lolos SNBT sehingga dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. Kegiatan ini dilakukan kepada 34 siswa kelas 12 SMA Negeri 2 Bantul. Kegiatan dilakukan dengan melakukan pre test sebanyak 1 kali dan pendampingan sebanyak 4 kali tatap muka. Materi yang diberikan dalam pendampingan ini berupa materi pengetahuan kuantitatif, penalaran matematika, penalaran umum, kemampuan pemahaman bacaan dan menulis, literasi Bahasa inggris. Litearsi dalam Bahasa Indonesia, pengetahuan dan pemahaman umum. Namun yang akan dibahas dalam artikel ini adalah mengenai pendampingan siswa untuk materi pengetahuan kuantitatif. Berdasarkan hasil pelaksanaan, siswa memiliki pemahaman yang lebih baik dibandingkan sebelum diadakannya pendampingan. Siswa mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan sebelum pendampingan. Kegiatan ini diharapkan semakin berkelanjutan.

References

Hidayat RA, Nuryani R, Lindasari SW. Kecemasan siswa SMA terhadap perubahan seleksi SBMPTN menjadi SNBT tahun 2023. J Keperawatan Jiwa Persat Perawat Nas Indones. 2023;11(2):305–14.

Farida A, Muhtarom M. Pelatihan Tes Potensi Akademik ( TPA ) Logika Untuk SBMPTN dan Memasuki Dunia Kerja Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Abdi Pandawa- Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ). Abdi Pandawa - J Pengabdi Kpd Masy. 2022;2(1).

Disnawati H, Deda YN, O.Haning F, Pallo M. PKM Bimbingan Menyelesaikan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti UTBK- SBMPTN. J Masy Mengabdi Nusant [Internet]. 2022;1(3):16. Available from: file:///C:/Users/Acer/Downloads/15-24.pdf

Radite R, Sulistyawati E, Firmansyah AN. Evaluasi Program Bimbingan Belajar Matematika Dan Utbk Lembaga Bimbingan Belajar Non-Profit Di Pekalongan. J Eval Pendidik. 2022;13(2):138–50.

Widiyarto S. SNBT Debriefing for Students of SMA Kanzul Mubarok Bekasi. J Pengabdi Masy Bestari. 2023;2(3):217–24.

Simarmata JE, Laja YPW, Salsinha CN, Kehi YJ, Laki AG, Gomes MR, et al. Pelatihan Tes Kemampuan Akademik Bagi Siswa Sma Kelas Xii Untuk Persiapan Utbk Sbmptn 2022. J Abdi Insa. 2022;9(2):471–9.

Simamora Y, Matondang K, Bella RM, Siswadi S. Pelatihan Trik Cara Cepat Menjawab Soal Sbmptn. JALIYE J Abdimas, Loyal dan Edukasi. 2022;1(1):27–31.

Susilowati E. Bimbingan Belajar Online Snbt Untuk Siswa Sma Di. Community Dev J [Internet]. 2023;4(4):9090–4. Available from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19945/14676

Simarmata JE, Ahzan ZN. Bimbingan dan Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal UTBK bagi Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. J Pengabdi Pada Masy. 1015;6(4):1015.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Susilowati, E. (2025). PENDAMPINGAN SNBT BAGI SISWA SMA NEGERI 2 BANTUL PADA SUBMATERI PENGETAHUAN KUANTITATIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 324–329. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.36313

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.