OPTIMALISASI PERAN INSTRUKTUR DOSEN PRAKTISI DAN AKADEMISI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELATIHAN DI SUNAKIS INSTITUTE DAN PUSTAMA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36118Keywords:
Instruktur, Pelatihan, Bekasi, Keterampilan, KurikulumAbstract
Optimalisasi peran instruktur, baik dosen praktisi maupun akademisi, sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelatihan di Sunakis Institute dan Pustama Indonesia. Bekasi, sebagai pusat industri strategis, menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterampilan praktis masyarakat melalui pendidikan nonformal. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kedua instruktur dalam program pelatihan serta strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Metode yang digunakan mencakup survei, wawancara mendalam, dan evaluasi berkala, dengan pelatihan yang disampaikan melalui ceramah, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Hasil menunjukkan bahwa 85% peserta puas dengan materi yang disampaikan, dan 75% melaporkan peningkatan keterampilan yang signifikan. Rekomendasi mencakup pengembangan kurikulum responsif dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas program pelatihan di masa depan.References
Ahyani, E., & Dhuhani, E. M. (2024). Transformasi Digital dalam Manajemen Perkantoran Pendidikan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, Vol. 12 No. 1, 205–215.
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, Vol. 2 No. 2, 58–66.
Azmi, I., Asy’ari, M., Prayogi, S., Hunaepi, H., Firdaus, L., Rahmawati, H., & Sukarma, I. K. (2024). Pengembangan Keterampilan Praktis Mahasiswa melalui Program Pelatihan Alat Peraga Laboratorium IPA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 9 No. 2, 374–386.
Ishartono, N. (2020). front matter. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya.
Kurnia, A. A., Rustiadi, E., & Pravitasari, A. E. (2020). Characterizing industrial-dominated suburban formation using quantitative zoning method: The case of bekasi regency, Indonesia. Sustainability (Switzerland), Vol. 12 No. 19, 1–19.
Lira, L. H. A. M. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru PAUD dan TK di Singkarak Kabupaten Solok: Meningkatkan Profesionalisme dan Keterampilan. Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4 No. 2, 205–216.
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.
Rini, I. M., & Riyana, C. (2018). Analisis Pemanfaatan Modul Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Supervisi pada Diklat Calon Kepala Sekolah. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 2 No. 2, 92–115.
Rohiem, A. F., & Sari, J. (2023). Analisis SWOT Sarana Pembelajaran Digital Masive Open Online Course (MOOC) Ruang Guru. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 2, 126–136.
Sahala, R., Mauraji, J., Tomahir, A. D., Adam, A., & Silawane, N. (2024). Dampak Metode Pengajaran Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 10 No. 13, 975–981.
Sunarni, S., & Asral, A. (2023). PERAN LEMBAGA SUNAKIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN JEJARING MAHASISWA PELAMAR KERJA DAN KARYAWAN DI KABUPATEN BEKASI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4 No. 2, 1744–1748.
Supangat, S., Sariwardani, A., Hadikusumo, R. A., Gilaa, T., Ambas, J., Hastuti, W., Andaria, A. C., & Pradana, I. P. Y. B. (2024). Ilmu Manajemen: Era Society 5.0. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Sutrisno, G. (n.d.). Dr. Yusak Tanasyah.
Syahrir, M., & Marly, K. (2024). Penerapan Metode Ceramah Bervariasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Listrik Dinamis Kelas IX SMP. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, Vol. 6 No. 2, 1760–1771.
Tamrin, M. I. (2019). Peningkatan sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan agama non formal di era global. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, Vol. 13 No. 2.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wongsun, S., & Kusnady, D. (2023). Pengaruh Orientasi Wirausaha, Inovasi, dan Strategi Bisnis pada Performa Usaha di Malang Raya. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), Vol. 3 No. 1, 26–37.
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yayasan Putra Adi Dharma.
Ahyani, E., & Dhuhani, E. M. (2024). Transformasi Digital dalam Manajemen Perkantoran Pendidikan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, Vol. 12 No. 1, 205–215.
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, Vol. 2 No. 2, 58–66.
Azmi, I., Asy’ari, M., Prayogi, S., Hunaepi, H., Firdaus, L., Rahmawati, H., & Sukarma, I. K. (2024). Pengembangan Keterampilan Praktis Mahasiswa melalui Program Pelatihan Alat Peraga Laboratorium IPA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 9 No. 2, 374–386.
Ishartono, N. (2020). front matter. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya.
Kurnia, A. A., Rustiadi, E., & Pravitasari, A. E. (2020). Characterizing industrial-dominated suburban formation using quantitative zoning method: The case of bekasi regency, Indonesia. Sustainability (Switzerland), Vol. 12 No. 19, 1–19.
Lira, L. H. A. M. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru PAUD dan TK di Singkarak Kabupaten Solok: Meningkatkan Profesionalisme dan Keterampilan. Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4 No. 2, 205–216.
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.
Rini, I. M., & Riyana, C. (2018). Analisis Pemanfaatan Modul Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Supervisi pada Diklat Calon Kepala Sekolah. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 2 No. 2, 92–115.
Rohiem, A. F., & Sari, J. (2023). Analisis SWOT Sarana Pembelajaran Digital Masive Open Online Course (MOOC) Ruang Guru. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 2, 126–136.
Sahala, R., Mauraji, J., Tomahir, A. D., Adam, A., & Silawane, N. (2024). Dampak Metode Pengajaran Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 10 No. 13, 975–981.
Sunarni, S., & Asral, A. (2023). PERAN LEMBAGA SUNAKIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN JEJARING MAHASISWA PELAMAR KERJA DAN KARYAWAN DI KABUPATEN BEKASI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4 No. 2, 1744–1748.
Supangat, S., Sariwardani, A., Hadikusumo, R. A., Gilaa, T., Ambas, J., Hastuti, W., Andaria, A. C., & Pradana, I. P. Y. B. (2024). Ilmu Manajemen: Era Society 5.0. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Sutrisno, G. (n.d.). Dr. Yusak Tanasyah.
Syahrir, M., & Marly, K. (2024). Penerapan Metode Ceramah Bervariasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Listrik Dinamis Kelas IX SMP. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, Vol. 6 No. 2, 1760–1771.
Tamrin, M. I. (2019). Peningkatan sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan agama non formal di era global. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, Vol. 13 No. 2.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wongsun, S., & Kusnady, D. (2023). Pengaruh Orientasi Wirausaha, Inovasi, dan Strategi Bisnis pada Performa Usaha di Malang Raya. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), Vol. 3 No. 1, 26–37.
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yayasan Putra Adi Dharma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kudsi Holil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










