PENGUATAN PERAN JURU PARKIR BERKESELAMATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI YOGYAKARTA

Authors

  • Siti Shofiah Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Frans Tohom Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • C Trisno Susanto Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Brasie Pradana Sella Bunga Riska Ayu Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Dwi Wahyu Hidayat Politeknik Transportasi Darat Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35872

Keywords:

Perparkiran, Juru Parkir, Keselamatan, Yogyakarta, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Sektor parkir di Yogyakarta memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan kota dengan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada tahun 2023, penerimaan pajak parkir berhasil melampaui target, yang menunjukkan perlunya pengoptimalan manajemen parkir untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk mencapai target PAD sebesar Rp1 triliun pada tahun 2025, diperlukan pemantauan yang intensif dan pengoptimalan penerimaan pajak. Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota Nomor 149 Tahun 2020 menyediakan landasan hukum bagi peningkatan kualitas layanan parkir. Juru parkir memainkan peran sentral dalam pelayanan, sehingga pelatihan dan peningkatan kapasitas mereka sangat diperlukan untuk menjamin profesionalisme dan keselamatan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang direncanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman juru parkir mengenai keselamatan lalu lintas, pengenalan rambu, etika profesi, dan pengaturan parkir yang aman. Metode yang diterapkan meliputi ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan juru parkir tentang keselamatan kerja, yang berdampak positif pada kualitas layanan di area parkir. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan parkir yang aman dan tertib di Kota Yogyakarta.

References

Ardianto. (2020). Sosialisasi program keselamatan lalu lintas untuk juru parkir dalam upaya mencegah kecelakaan di area parkir.

Daman, Y. A. (2024). Peran Pemerintah dalam Menangani Juru Parkir Ilegal di Kota Malang. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4(4), 115-121. https://journal.actual-insight.com/index.php/konstruksi-sosial/article/view/2459/2580

Dewi Pradita, S., & Utomo, I. H. (2021). Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Surakarta (Studi Kasus Jalan Dr. Radjiman). Journal of Governance and Policy Innovation (JGPI), 1(1).

Ismail. (2022). Evaluasi efektivitas program pelatihan keselamatan bagi juru parkir di Yogyakarta. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/joppar/article/view/20859

Jogjopolitan. (2023). Pajak parkir Jogja lampaui target, sumber terbesar dari pusat perbelanjaan. Harian Jogja. Dapat diakses pada:

Marwanto, R. P., Aprianto, R., & Shofiah, S. (2024). Optimalisasi kinerja juru parkir berorientasi keselamatan di Kabupaten Banjarnegara. Community Development Journal, 5(1), 265-269. dapat diakses pada https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/24237

Miftah Marwa. (2020). Pelaksanaan Perda Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2019 tentang perparkiran: Studi pengelolaan perparkiran oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional UCMS. Tersedia di https://bimawa.uad.ac.id/2020/12/17/category-prosiding-seminar-nasional-ucms-pelaksanaan-perda-kota-yogyakarta-nomor-2-tahun-2019-tentang-perparkiran-studi-pengelolaan-perparkiran-oleh-dinas-perhubungan-kota-yogyakarta-oleh-miftah-marwa/

Mukti, A. T., & Hasan, F. N. (2024). Analisis Sentimen Warganet Terhadap Keberadaan Juru Parkir Liar Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Media Informatika Budidarma, 8(1), 644-653. https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mib/article/view/6982/3805

Nugroho. (2020). Analisis hubungan antara kesejahteraan juru parkir dan tingkat keselamatan di tempat kerja.

Oktopianto, Y., et al. (2023). Peningkatan Kualitas Juru Parkir Berkeselamatan Kabupaten Grobogan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 96-105.

Perda Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Perparkiran. (2019). Yogyakarta: Walikota Yogyakarta.

Perda Walikota Yogyakarta Nomor 149 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Perparkiran. (2020). Yogyakarta: Walikota Yogyakarta. Tersedia di https://perhubungan.jogjakota.go.id/download/hit/12680/peraturan-walikota-yogyakarta-nomor-149-tahun-2020-12680.pdf

Prasetiyani, E., & Atmaja, A. K. (2024). Analisis Pengawasan Sistem Retribusi Parkir Oleh Dinas Perhubungan Dan Transportasi DKI Jakarta (Studi Kasus: Pungutan Liar Oleh Juru Parkir Di Pasar Johar Baru). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(4), 316-322.

Putra. (2022). Evaluasi efektivitas pelaksanaan peraturan daerah terkait perparkiran. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4827/

Ramadhani. (2022). Peningkatan keselamatan di area parkir melalui kebijakan publik yang melibatkan partisipasi aktif juru parkir.

Santoso. (2021). Sosialisasi dan edukasi keselamatan berbasis pelatihan bagi juru parkir.

Sari. (2020). Pengaruh pelatihan keselamatan terhadap peningkatan kualitas pelayanan parkir.

Setiawan, S. R. R., Purnomo, R. A., Cahyono, Y., Santoso, S., & Abas, S. (2024). Dimensi Persepsi Juru Parkir Terhadap Efektivitas Uji Coba Parkir Elektronik di Tepi Jalan Umum Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ponorogo. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 261-270.

Subekti. (2021). Pengembangan strategi peningkatan keselamatan juru parkir di wilayah perkotaan berdasarkan standar pemerintah daerah.

Suryana. (2021). Program peningkatan kesadaran dan pengetahuan juru parkir tentang keselamatan kerja di kawasan perkotaan.

Wijaya. (2021). Implementasi peraturan keselamatan dalam manajemen perparkiran.

Yendra, L. D. M., & Kadarisman, Y. (2024). Kehidupan Juru Parkir Liar di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 267-276.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Shofiah, S. ., Tohom, F. ., Susanto, C. T. ., Ayu, B. P. S. B. R. ., & Hidayat, D. W. . (2024). PENGUATAN PERAN JURU PARKIR BERKESELAMATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI YOGYAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9716–9721. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35872

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.