PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA LEWOLAGA DALAM KONTEKS PENGUATAN EKONOMI KREATIF DENGAN PENGEMBANGAN POTENSI DAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI WUJUD PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN

Authors

  • Thobias Joni Temu Universitas Nusa Nipa
  • Maria Marliani Loainak Universitas Nusa Nipa
  • Maria Margareta Pihok Makin Universitas Nusa Nipa
  • Ferdinanda Camelia Universitas Nusa Nipa
  • Yosephina Helena Lehan Kolit Universitas Nusa Nipa
  • Antonia Emanuela Mage Universitas Nusa Nipa
  • Maria Estania Seku Universitas Nusa Nipa
  • Stefani Wiwinda Dou Universitas Nusa Nipa
  • Petrus Yeris Aprianus Universitas Nusa Nipa
  • Leonardus Lamba Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35798

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada warga masyarakat tentang cara mengolah ubi dan pisang, hasil perikanan dan kelautan meliputi ikan dan garam juga aneka kerajinan dan minuman tradisional, pembuatan kemasan dengan label dan branding produk serta  pemasaran produk yang dikenal sebagai produk asli di Desa Lewolaga, Kecamatan Titihena, Kabupaten Flores Timur. Hal ini dilakukan karena sangat penting untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat karena masyarakat Desa Lewolaga membutuhkan peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, perkebunan, perikana dan kelautan agar lebih optimal, sehingga meningkatkan ketahanan pangan lokal. Kegiatan pengabdian ini menggunakan program pelatihan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil ekonomi sistem perkebunan serta melaukan kegiatan EXPO yang memasarkan semua produk-produk lokal yang dihasilkan. Kegiatan ini dimulai dengan memberikan sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk dan kemasan yang baing menggunalan labelling dan branding dengan melibatkan mahasiswa KKN-T Tahun 2024 Univeristas Nusa Nipa. Selain itu, tujuan dari pengabdian di atas adalah untuk mencapai ketahanan pangan. Ini adalah bagian dari tujuan utama pelaksanaan kegiatan untuk mengembangkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya lokal untuk memperkuat kemandirian ekonomi kreatif masyarakat

References

Arifianti, R &Mohammad B.A. (2017). Aktivasi Sub-Sektor Ekonomi Kreatif Di Kota Bandung. Jurnal AdBispreneur. 2, 201-209.

Cahyani, P. D., Azwar, A., & Purnamarini, T. R. (2021). Pemberdayaan Masayarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pelatihan Kerajinan Tie Dye. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5, 3203-3211.

Fernandez, D., Susanti, E. N., & Nuwa, G. G. (2018). Nilai - Nilai Kearifan Lokal Tenun Ikat Sikka Sebagai Basis Potensi Ekonomi Kreatif Perempuan Sikka. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1(1), 604–623. https://doi.org/10.22236/psd/1111-1899

Hindarti, S., & Sari, D. (2019). Manajemen Agribisnis-Suatu Pengantar (Agribusiness Management-An Introduction). Available at SSRN 3431495.

Juwandi,R & Damanhuri. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Konteks Penguatan Ekonomi Kreatif Sebagai Wujud Pembangunan Desa Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4, 70 – 80.

Juwandi, R., Lestari, R. Y., & Nida, Q. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Dalam Optimalisasi Singkong Sebagai Penguatan Economic Civic. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.451

Maknunah, S. J., & Galuh, A. K. (2023). Pengembang Ekonomi Kreatif Kriya Batik Polowijen Berbasis Kearifan Lokal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 3833–3846.

Putra, S. H. J., Vincentius, A., & Luju, E. (2023). Implementasi Strategi Pohon Serap Air Di Kawasan Hutan Lindung Desa Koro Bhera. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11616–11623.

Rofii, A., Budiman, I. A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2023). Inovasi Produk Olahan Lele (OLELE) Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Umkm Melalui Konten Digital di Desa Dukuh Tengah Kabupaten Tegal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 3185-3192.

Setiawan, A., & Bastian, H. (2019). Pengembangan Desain Web Interaktif Kuliner Nusantara Berbasis Kearifan Lokal Kedaerahan (Studi Kasus Kuliner Khas Kabupaten Kudus). JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 4(2), 111. https://doi.org/10.17977/um037v4i2p111-119

Sidauruk, R. (2018). Ekonomi Kreatif sebagai Basis City Branding menuju Kepariwisataan Terintegrasi di Kawasan Danau Toba (Creative Economy as Basis of City Branding Toward Integrated Tourism in Toba Lake Zone). Inovasi, 15, 83-104.

Statistik Ekonomi Kreatif. (2020). Pusat Data Dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI.

Zulgani, Zevaya, F., Umiyati, E., Parkhurst, H., & Nurjanah, R. (2023). Pembinaan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Tanjung Lanjut Dengan Mempertahankan Kearifan Lokal Melalui Badan Usaha Milik Desa. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.53867/jpm.v3i1.72

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Temu, T. J. ., Loainak, M. M. ., Makin, M. M. P. ., Camelia, F. ., Kolit, Y. H. L. ., Mage, A. E. ., … Lamba, L. . (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA LEWOLAGA DALAM KONTEKS PENGUATAN EKONOMI KREATIF DENGAN PENGEMBANGAN POTENSI DAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI WUJUD PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9691–9695. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35798