PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA LEWOLAGA DALAM KONTEKS PENGUATAN EKONOMI KREATIF DENGAN PENGEMBANGAN POTENSI DAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI WUJUD PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35798Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada warga masyarakat tentang cara mengolah ubi dan pisang, hasil perikanan dan kelautan meliputi ikan dan garam juga aneka kerajinan dan minuman tradisional, pembuatan kemasan dengan label dan branding produk serta pemasaran produk yang dikenal sebagai produk asli di Desa Lewolaga, Kecamatan Titihena, Kabupaten Flores Timur. Hal ini dilakukan karena sangat penting untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat karena masyarakat Desa Lewolaga membutuhkan peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, perkebunan, perikana dan kelautan agar lebih optimal, sehingga meningkatkan ketahanan pangan lokal. Kegiatan pengabdian ini menggunakan program pelatihan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil ekonomi sistem perkebunan serta melaukan kegiatan EXPO yang memasarkan semua produk-produk lokal yang dihasilkan. Kegiatan ini dimulai dengan memberikan sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk dan kemasan yang baing menggunalan labelling dan branding dengan melibatkan mahasiswa KKN-T Tahun 2024 Univeristas Nusa Nipa. Selain itu, tujuan dari pengabdian di atas adalah untuk mencapai ketahanan pangan. Ini adalah bagian dari tujuan utama pelaksanaan kegiatan untuk mengembangkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya lokal untuk memperkuat kemandirian ekonomi kreatif masyarakatReferences
Arifianti, R &Mohammad B.A. (2017). Aktivasi Sub-Sektor Ekonomi Kreatif Di Kota Bandung. Jurnal AdBispreneur. 2, 201-209.
Cahyani, P. D., Azwar, A., & Purnamarini, T. R. (2021). Pemberdayaan Masayarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pelatihan Kerajinan Tie Dye. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5, 3203-3211.
Fernandez, D., Susanti, E. N., & Nuwa, G. G. (2018). Nilai - Nilai Kearifan Lokal Tenun Ikat Sikka Sebagai Basis Potensi Ekonomi Kreatif Perempuan Sikka. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1(1), 604–623. https://doi.org/10.22236/psd/1111-1899
Hindarti, S., & Sari, D. (2019). Manajemen Agribisnis-Suatu Pengantar (Agribusiness Management-An Introduction). Available at SSRN 3431495.
Juwandi,R & Damanhuri. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Konteks Penguatan Ekonomi Kreatif Sebagai Wujud Pembangunan Desa Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4, 70 – 80.
Juwandi, R., Lestari, R. Y., & Nida, Q. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Dalam Optimalisasi Singkong Sebagai Penguatan Economic Civic. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.451
Maknunah, S. J., & Galuh, A. K. (2023). Pengembang Ekonomi Kreatif Kriya Batik Polowijen Berbasis Kearifan Lokal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 3833–3846.
Putra, S. H. J., Vincentius, A., & Luju, E. (2023). Implementasi Strategi Pohon Serap Air Di Kawasan Hutan Lindung Desa Koro Bhera. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11616–11623.
Rofii, A., Budiman, I. A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2023). Inovasi Produk Olahan Lele (OLELE) Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Umkm Melalui Konten Digital di Desa Dukuh Tengah Kabupaten Tegal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 3185-3192.
Setiawan, A., & Bastian, H. (2019). Pengembangan Desain Web Interaktif Kuliner Nusantara Berbasis Kearifan Lokal Kedaerahan (Studi Kasus Kuliner Khas Kabupaten Kudus). JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 4(2), 111. https://doi.org/10.17977/um037v4i2p111-119
Sidauruk, R. (2018). Ekonomi Kreatif sebagai Basis City Branding menuju Kepariwisataan Terintegrasi di Kawasan Danau Toba (Creative Economy as Basis of City Branding Toward Integrated Tourism in Toba Lake Zone). Inovasi, 15, 83-104.
Statistik Ekonomi Kreatif. (2020). Pusat Data Dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI.
Zulgani, Zevaya, F., Umiyati, E., Parkhurst, H., & Nurjanah, R. (2023). Pembinaan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Tanjung Lanjut Dengan Mempertahankan Kearifan Lokal Melalui Badan Usaha Milik Desa. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.53867/jpm.v3i1.72
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thobias Joni Temu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.