PENINGKATAN EFISIENSI PRODUKSI, MANAJEMEN USAHA DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK USAHA PANDE BESI KELURAHAN PENANAE KOTA BIMA

Authors

  • Nurul Huda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Ismunandar Ismunandar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Silvia Firda Utami Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Nur Haryadin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35763

Keywords:

Usaha Pande Besi, Kelurahan Penanae, Pelatihan Penggunaan alat, Keuangan, Digital Marketing.

Abstract

Mitra Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini adalah Usaha Pandai Besi Hikmah di ketuai oleh Bapak Ismail yang beralamat di Kelurahan Penanae Kecamatan Raba Kota Bima. Usahanya menghasilkan berbagai Jenis produk dari bahan baku besi antara lain parang, pisau, tembilang, sabit. Berdasarkan hasil kunjungan lapangan, wawancara dan pengamatan terhadap Mitra dapat di identifikasi beberapa permasalahan perioritas yang di hadapi Mitra di antaranya : Untuk Proses Produksi Pengrajin Pande besi masih menggunakan sistim manual, sehingga kapasitas produksinya relative sangat rendah, Untuk Manajemen Usaha, Belum adanya pemahaman dari mitra mengenai laporan keuangan  dan sistim akuntansi yang baik dan benar, Pemasaran Produk masih menggunakan pemasaran secara konvensional Sedangkan Target luaran PMP ini adalah Bidang Produksi, dengan memberikan peralatan dalam menunjang proses produksi pengolahan berupa alat pembantun proses produksi yang aman dan safety sehingga di harapkan output yang di hasilkan dapat membantu untuk peningkatan kapasitas produksi dan kualitas produk yang dihasilkan, Bidang Keuangan, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam Pengelolaan membuat laporan keuangan dan Sistim Akuntansi UMKM, Bidang pemasaran, dengan Memberikan pelatihan terkaid Pemasaran media online dengan menggunakan Digital Marketing. Melalui Program Hibah Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) yang telah berjalan, Tim PMP membantu Pandai besi hikmah dalam berbagai kegiatan antara lain Melaksanakan Pelatihan Penggunaan Alat Pembantu Proses Produksi dengan tujuan menambah kapasitas produksi, melakukan Pelatihan Pembukuan dengan menggunakan Aplikasi Akuntansi berbasis Ofline, yang terakhir melakukan pelatihan Digital Marketing dengan memasarkan produk secara online dengan menggunakan platform Digital. Hasil PMP ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha mitra minimal sebesar 85%, penerapan IPTEK sebesar 85 % dan terjadinya peningkatan pengetahuan  dan skill sebesar 85%. Dari kegiatan yang terlaksana, PMP menghasilkan luaran program sebagai berikut: Penambahan peralatan produksi, Penambahan ragam Inovasi Produk, Adanya Platform IG, Face Book, untuk melakukan penjualan produk  sehingga meningkatkan Pendapatan Mitra

References

Anonim. 2023. Pandai Besi Penanae. Pemerintah Kota Bima. https://pariwisata.bimakota.go.id/web/detail-berita/197/pandai-besi

Hadi, Cahyono dan Hanafi, (2013), ‘Revitalisasi Interpreneurship Terhadap Pelaku Industri Kreatif Mengenai Aspek Manajemen, Kompetensi SDM, Pemasaran dan Proses Produksi Berbasis Kinerja Balance Scorecard di Kabupaten Jember Jawa Timur

Huda, Nurul, Ismunandar. Jaenab 2023. Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produk, Pengelolaan Keuangan dan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Kelompok Usaha Ibu-Ibu Pengrajin Ayaman Bambu di Kelurahan Lelamase Kota Bima. Prosiding Pepadu.

Prasetyo Aries Heru. 2010. Sukses Mengelola Keuangan Usaha Mikro Kecil

Menengah. Jakarta: Gramedia.

Sitohang, S., (2012), ‘Pengaruh Environment, Motivation, dan Regulation Terhadap Kinerja Pengrajin Sentra Industri Pande Besi di Kabupaten Tulungagung’, JAMBSP 8 (3): 338 – 361.

Huda, Nurul, & Samsinirwani (2019) Pengembangan Jejaring Wirausaha Dalam Meningktakan Kinerja Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Bima. Jurnal Disribusi Unram, 251-260

Huda, Nurul, A. Pratiwi & A. Munandar (2023) Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital Terhadap Kinerja UMKM Kota Bima. Jurnal Bisnit Net 2722-3574

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Huda, N. ., Ismunandar, I., Utami, S. F. ., Haryadin, M. N. ., & Firdaus, M. . (2024). PENINGKATAN EFISIENSI PRODUKSI, MANAJEMEN USAHA DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK USAHA PANDE BESI KELURAHAN PENANAE KOTA BIMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9668–9673. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35763