PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BLUE OCEAN UMKM MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN MESIN PRESS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35609Keywords:
Strategi Blue Ocean, UMKMAbstract
Kelompok UMKM pengrajin tahu Sari Delai di desa Kalisari kecamatan Cilongok adalah salah satu kelompok umkm yang menjadi wadah bagi para pengrajin tahu di desa Kalisari. Kerajinan tahu di desa Kalisari menjadi tonggak perekonomian warga desa. Lebih dari 260 warga tercatat sebagai pengrajin tahu. Kerajinan tahu menjadi penyerap tenaga kerja tertinggi di desa Kalisari. Separuh lebih jumlah warga menggantungkan hidupnya pada kerajinan tahu. Kelompok Sari Delai telah menjadi wadah bagi 25 pengarajin tahu dalam menyelesaikan masalah dan wadah bersinergi dalam mengembangkan bisnisnya. Tim PKM Universitas Peradaban memberikan pelatihan Strategi Blue Ocean. Dampak yang dialami mitra setelah mendapatkan bantuan teknologi dan inovasi yaitu pertama, Peningkatan pada Produktivitas Perbandingan waktu dan tenaga yang dibutuhkan sebelum dan sesudah penerapan teknologi baru. Kedua, Peningkatan volume produksi tahu, jika sebelumnya hanya menggunakan tempayan tanah liat kadang tanah dari tanah liat terbawa tahu dan kualitas tahu tidak maksimal, dengan tempayan modern tahu menjadi bersih dari serpihan tanah liat dan kualitas meningkat. Ketiga Penggunaan mesin pres mampu menghemat waktu menyaring tahu dibandingkan dengan menggunakan kain biasa.References
Purwanti E. Analisis Deskriptif Profil Kemiskinan Indonesia Berdasarkan Data BPS Tahun 2023. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis. 2024 Jan 1;4(1):1-0.
Stoika, V., Stoika, S. and Harnyk, O., 2023. Innovative aspects of The economic development of SMES: experience of theEU and Ukraine. Three Seas Economic Journal, 4(3), pp.15-25.
Sintha L. Blue Ocean vs Red Ocean. Jurnal Keuangan Dan Perbankan. 2013;1(1):46-66.
Agnihotri A. Extending boundaries of blue ocean strategy. Journal of Strategic Marketing. 2016 Sep 18;24(6):519-28.
Hawa SD, Azmi C, Anjani M. The Influence of the User Interface and Social Media Marketing in Increasing Purchase Decission MSME Banyumas Tempeh Chips. InProceeding of International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah and Waqf 2023 Oct 15 (pp. 1183-1192).
Purwanti E. Analisis Deskriptif Profil Kemiskinan Indonesia Berdasarkan Data BPS Tahun 2023. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis. 2024 Jan 1;4(1):1-0.
Purwanto A. The Role of Buzz and Viral Marketing onSMEs Online Shop Marketing Performance: CB-SEM AMOS Analysis. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS) Vol. 2023 Mar 4;4.
Rosmi RF, Winarno T. ANALYSIS OF NITRITE PRESERVATIVES ON SAUSAGES CIRCULATED IN THE WEST BANYUMAS MARKET IN 2021: Array. Pharmacy Peradaban Journal. 2023 Feb 6;3(1).
Hawa SD, Anjani M. Pengaruh Penetration Pricing Dan Peningkatan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mi Konyol Bumiayu. InProsiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi 2023 Jun 7 (Vol. 2, No. 1, pp. 18-37).
Stoika, V., Stoika, S. and Harnyk, O., 2023. Innovative aspects of The economic development of SMES: experience of theEU and Ukraine. Three Seas Economic Journal, 4(3), pp.15-25.
Wuisan, D.S. and Handra, T., 2023. Maximizing online marketing strategy with digital advertising. Startupreneur BusinessDigital (SABDA Journal), 2(1), pp.22-30.
Hawa, S.D., Prasetya, A.A. and Wigati, H.L., 2023, September. The Role of Digital Transformation on Marketing Performance of Bird Cages in Ajibarang with Digital Marketing as a Mediation Variable. In Proceeding of [5] International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah and Waqf (pp. 1-14).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sarah Dien Hawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.