PELATIHAN PENGGUNAAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KEPADA GURU SDI ENAKTER DI DESA ILINMEDO, SIKKA

Authors

  • Selfianus Selfianus Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Fransiskus Mangu Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Aurelia Cindy Claudia Raja Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Widya Waty Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Sisilia Sustila Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Patrisius Woi Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Noventriani Klarisanti Da Luja Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Angela Sulistianti Bhengge Mbiri Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Ambrosius Sai Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Yustina Nestilia Dua Iku Universitas Nusa Nipa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35579

Keywords:

Keterampilan Teknologi Guru, Pelatihan PowePoint, Media Pembelajaran Interaktif.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan teknologi guru di SDI Enakter, yang menghadapi masalah dengan metode ceramah monoton dan minimnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Pelatihan penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran interaktif dipilih untuk mengatasi kendala ini. Metode pengabdian terdiri dari tahap perencanaan melalui observasi dan wawancara untuk memahami kebutuhan, tahap pelaksanaan yang meliputi pengenalan dan praktek langsung penggunaan PowerPoint, serta tahap evaluasi dengan diskusi untuk umpan balik. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam membuat materi pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta motivasi yang lebih tinggi untuk menggunakan teknologi. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran di SDI Enakter dan mendorong pelaksanaan pelatihan serupa di masa depan, yang penting untuk pengembangan profesional guru di daerah terpencil.

References

Fuad, Evans et al. 2017. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Para Guru Smk Negeri 3 Bengkalis.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 1(1): 24–28.

Hasanah, Nurul. 2020. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SD Negeri 050763 Gebang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) 1(2): 34–41.

Hiko, Maria Filestina, Yohanes Bare, Yohanes Nong Bunga, and Sukarman Hadi Jaya Putra. 2022. “Improving Students’ Interest in Reading at SDN Gembira Sikka Regency through the Reading Corner.” Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(4): 489–94.

Minardi, Joko, and Agus Subhan Akbar. 2020. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Power Point Untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 11(1): 96.

Prasetya, Eska Perdana, Abdulrahman, and Fatihah Rahmalia. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1): 19–25. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/69.

Prihastari, Ema Butsi. 2015. “Pemanfaatan Etnomatematika Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar.” Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran 1(2): 155–62.

Putra, Sukarman Hadi Jaya. 2021. “Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP.” Journal of Natural Science and Integration 4(2): 204.

Putra, Sukarman Hadi Jaya, Angelinus Vincentius, and Elisabet Luju. 2023. “Implementasi Strategi Pohon Serap Air Di Kawasan Hutan Lindung Desa Koro Bhera.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(6): 11616–23.

Sulaikho, Siti, Moh Anshori Aris Widya, and Ulfa Wulan Agustina. 2022. “Pelatihan PowerPoint Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru MI Al Qosimy.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2): 78–82.

Yufrinalis, Marianus et al. 2023. “Science Process Skills in the " Nawu Hipe " Custom of the People of Palu ’ E Island , Sikka District.” Jurnal Cakrawala Pendas 9(1): 12–22. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3573.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Selfianus, S., Mangu, F. ., Raja, A. C. C. ., Waty, W. ., Sustila, S. ., Woi, P. ., … Iku, Y. N. D. . (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KEPADA GURU SDI ENAKTER DI DESA ILINMEDO, SIKKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9344–9348. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35579

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.