PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI SD INPRES NAIKOTEN 1, KOTA KUPANG

Authors

  • Astin Elise Mau Universitas Nusa Cendana
  • Wilhelmina Seran Universitas Nusa Cendana
  • Fadlan Pramatana Universitas Nusa Cendana
  • Mamie E. Pellondo’u Universitas Nusa Cendana
  • Pamona S. Sinaga Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35455

Keywords:

Konservasi, Pupuk organik, Pelatihan, Sekolah dasar

Abstract

Produktifitas lahan berkaitan erat dengan pola pemanfaatan dan pengolahan lahan. Pola tanam yang tidak konservatif seperti pemanfaatan pupuk dan pestisida kimia memberi dampak negatif bagi produktifitas lahan dan keberlanjutan lingkungan di masa yang akan datang. Salah satu pendekatan holistik yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak dari input pupuk dan pestisida kimia adalah dengan memperkenalkan prinsip-prinsip pertanian konservasi dalam diri seseorang sejak dini. Tujuan dari kegiatan ini agar anak-anak dapat mempraktekkan secara langsung cara membuat dan mengaplikasikan pupuk organik secara sederhana. Metode yang digunakan berupa penyuluhan dan pendampingan pembuatan pupuk organik. Kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar Inpres (SDI) Naikoten 1 Kota Kupang sekaligus menjawab kebutuhan sekolah sehubungan dengan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu menanam dan mengembangkan tanaman didalam pot. Sesi penyuluhan berupa penyampaian teori tentang pengertian, manfaat dan komponen bokashi, serta aplikasi bokashi pada tanaman. Sesi praktek dilakukan secara bersama-sama oleh pelaksana kegiatan dan anak-anak sekolah dasar. Pelatihan ini direspon dengan sangat baik oleh peserta yang ditandai dengan partisipasi aktif dari anak-anak dalam diskusi maupun dalam praktek pembuatan pupuk organik. Kegiatan serupa perlu terus dilakukan sebagai upaya pemancakan kognitif bagi anak-anak agar terbiasa dengan pola tanam konservatif serta memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

References

Anwar, D. K., P, M. F. R., Kifli, H., Ridha, I. M., Lestari, P. P., & Wulandari, H. (2019). Kombinasi Limbah Pertanian dan Peternakan sebagai Alternatif Pembuatan Pupuk Organik Cair Melalui Proses Fermentasi Anaerob. Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2008 Bidang Teknik Kimia, 95–100.

Ayuba, S. R., Jaya, R., Taslim, I., & Manyoe, I. N. (2022). Penerapan Pola Tanam Garis Kontur Pada Lahan PertanianBerbukit dalam Rangka Meningkatkan Kesuburan Tanah dan Mengendalikan Besaran Erosi. Jurnal Abdimas Dosma, 1(1), 19–23.

F Kienast, J Bolliger, M Potschin, RS De Groot, PH Verburg, I Heller, D. W. (2009). Assessing landscape functions with broad-scale environmental data: insights gained from a prototype development for Europe. 44, 1099–1120. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Assessing+landscape+functions+with+broad-scale+environmental+data%3A+insights+gained+from+a+prototype+development+for+Europe.+Environmental+Management+&btnG=

Khair, H. (2016). Pembuatan pupuk bokashi dengan memanfaatkan kearifan lokal yang dimiliki desa simpang empat kecamatan sei rampah kabupaten serdang bedagai provinsi sumatera utara. Fakultas Pertanian, 1(1).

Khoiruddin, M. A. (2012). Peran Komunikasi, Oleh: M. Arif Khoiruddin. Peran Komunikasi Dalam Pendidikan, 23, 118–131.

Monroe, M. C., Andrews, E., and Biedienweg, K. (2007). A Framework for Environmental Education Strategies. Applied Environmental Education & Communication 6, 205–216. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/15330150801944416?scroll=top&needAccess=true

Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Saroinsong, F. B., Kalangi, J. I. (2016). TEKNIK PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK KONSERVASI DI AREA PEMUKIMAN. Abdimas, 9(1), 25–33. http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/579/530

Soerjani, M. (2009). Pendidikan Lingkungan, Sebagai Dasar Kearifan Sikap Bagi Kelangsungan Kehidupan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Yayasan Institut Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan.

Suardi, M. (2017). Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 117–126. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.434

Sulhiah, Rahman, & Juanda Prisma Mahendra. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Implementasi Proyek P5 Di Paud Al Hamzar. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.62005/joecie.v2i1.47

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Mau, A. E. ., Seran, W. ., Pramatana, F. ., Pellondo’u, M. E. ., & Sinaga, P. S. . (2024). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI SD INPRES NAIKOTEN 1, KOTA KUPANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9599–9603. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35455

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.