MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER DISMP : PENDEKATAN KOLABORATIF DENGAN GURU DAN ORANGTUA

Authors

  • Mhd. Ali Bukit Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhasanah Tambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alfatunisa Alfatunisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aqwa Naser Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35439

Keywords:

KKN, Pendidikan Karakter, Kolaborasi, SMP, Guru, Orang Tua

Abstract

Pendidikan karakter di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan salah satu elemen kunci dalam membentuk siswa yang beretika, bertanggung jawab, dan memiliki kepribadian yang kuat. Namun, penerapan pendidikan karakter di sekolah seringkali menghadapi tantangan, terutama dalam hal kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sekolah. Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa memiliki potensi untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di sekolah. Melalui pendekatan kolaboratif antara mahasiswa KKN, guru, dan orang tua, diharapkan pendidikan karakter dapat ditanamkan secara lebih efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran KKN dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di SMP dengan melibatkan kolaborasi antara guru dan orang tua. Pendekatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara sekolah dan keluarga, serta mendorong terciptanya lingkungan yang kondusif untuk pengembangan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program KKN yang dirancang dengan fokus pada pendidikan karakter dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan komitmen terhadap pendidikan karakter. Dengan demikian, KKN dapat berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam membangun generasi muda yang berkarakter.

References

Aqib, Zainal. (2012). Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Badan Nasional Pendidikan. (2018). "Pendidikan Karakter di Indonesia: Tantangan dan Solusi". Diakses dari: https://www.bnped.go.id

Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Kusuma, Dharmika. (2020). "Peran KKN dalam Peningkatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah". Jurnal Pendidikan Karakter, 8(3), 34-45.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Muhaimin. (2018). Model Pembelajaran Karakter Berbasis Sekolah dan Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan, Haryanto. (2020). "Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter". Diakses dari: https://www.educationjournal.com

Supriyanto, Wahyu. (2017). "Kolaborasi Antara Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter". Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 55-70.

Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Wahyudi, Arifin. (2019). "Evaluasi Peran KKN dalam Pengembangan Pendidikan Karakter". Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Yogyakarta, 112-125.

Yuniarto, Wahyu. (2021). "Pengaruh Program KKN terhadap Peningkatan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 45-58.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Hasibuan, M. A. B. ., Tambunan, N. ., Alfatunisa, A., & Daulay, A. N. . (2024). MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER DISMP : PENDEKATAN KOLABORATIF DENGAN GURU DAN ORANGTUA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9274–9278. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35439