MEMBUKA JALAN SUKSES USAHA MIKRO MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35013Keywords:
Pemberdayaan Usaha Mikro; Pelatihan Kewirausahaan; Keberhasilan Usaha.Abstract
Pemberdayaan usaha mikro menjadi isu sentral dalam pengembangan ekonomi desa. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pelatihan kewirausahaan terhadap peningkatan keberhasilan usaha mikro di Desa Bune Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif dengan memberikan pelatihan kewirausahaan secara intensif kepada pelaku usaha mikro. Pelatihan mencakup materi mengenai pengembangan produk, manajemen keuangan, pemasaran, dan pengembangan jaringan bisnis. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa pelatihan kewirausahaan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan pelaku usaha. Pelaku usaha menjadi lebih mampu dalam mengelola usaha, mengembangkan produk baru, dan memperluas jaringan pemasaran. Selain itu, pelatihan juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Implikasi dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah pentingnya program pelatihan kewirausahaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro di desa. Pelatihan harus dirancang secara spesifik sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing usaha mikro. Selain itu, diperlukan dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait untuk menyediakan akses terhadap sumber daya yang dibutuhkan oleh pelaku usaha mikro, seperti modal, teknologi, dan informasi pasar.References
Abubakar, H., Palisuri, P., Hernita, Syarifuddin, Syamsuddin, I., & Herman, R. (2021). Keberlanjutan usaha mikro dan kecil pedesaan melalui pemberdayaan sumberdaya lokal. Dalam Prosiding 5th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (hal. 480-485).
Achmad, G. N., Yulianti, S. D., Sharaha, M., Priandana, M. A., Khatimah, N., Hidayat, A. N., M, N. J., Handayani, Y. T., Aditya, D. F., & Dary, R. W. (2023). Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam rangka pertumbuhan ekonomi di desa sekitar Ibu Kota Nusantara. Jurnal Riset Pembangunan, 6(1), 51-65.
Al-Awlaqi, M. A., Aamer, A. M., & Habtoor, N. (2021). The effect of entrepreneurship training on entrepreneurial orientation: Evidence from a regression discontinuity design on micro-sized businesses. The International Journal of Management Education, 19(1), 100267. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2018.11.003
Arnsby, E. S., Aspfors, J., & Jacobsson, K. (2023). Teachers’ professional learning through mentor education: a longitudinal mixed-methods study. Education Inquiry, 1–20. https://doi.org/10.1080/20004508.2023.2273019
Diana, Y., Rahayu, S., Zannah,A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Manegggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1-14.
He, L., Zheng, L. J., Sharma, P., & Leung, T. Y. (2024). Entrepreneurship education and established business activities: An international perspective. The International Journal of Management Education, 22(1), 100922. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100922
Nafukho, F.M., Irby, B.J., Pashmforoosh, R., Lara-Alecio, R., Tong, F., Lockhart, M.E., El Mansour, W., Tang, S., Etchells, M. and Wang, Z. (2023), "Training design in mediating the relationship of participants’ motivation, work environment, and transfer of learning", European Journal of Training and Development, Vol. 47 No. 10, pp. 112-132. https://doi.org/10.1108/EJTD-06-2022-0070
Mariam, S., Mafriningsianti, E., Idrus, S., Yuliana, Rifa’i, A., & Sukmawan, I. (2023). Training on entrepreneurship skills in marketing products for students and online-based MSMEs. International Journal of Engagement and Empowerment, 3(1), 61-69. https://doi.org/10.53067/ije2.v3i1.98
Pan, Y., Zhang, S., & Zhang, M. (2024). The impact of entrepreneurship of farmers on agriculture and rural economic growth: Innovation-driven perspective. Innovation and Green Development, 3(1), 100093. https://doi.org/10.1016/j.igd.2023.100093
Pascucci, F., Savelli, E. & Gistri, G. (2023). How digital technologies reshape marketing: evidence from a qualitative investigation. Italian Journal of Marketing, 27–58 https://doi.org/10.1007/s43039-023-00063-6
Setyowati, E., Mustofa, A.H., Yuliawan, D., Astuti, E.N., Mahasti, H.S.G.D., (2024), Optimalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pelatihan Dasar Manajemen di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo, Sewagati, 8(1):1173–1181, https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i1.806.
Teguh, M., Harunnurrasyid, H., Hidayat, A., Imelda, I., Kartasari, S. F., & Liliana, L. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Perencanaan Usaha Masyarakat di Desa Ulak Kembahang II, Pemulutan Barat, Sumatera Selatan. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.29259/jscs.v3i2.86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhidayanti S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










