STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA TANAH RENDAH KABUPATEN BATU BARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34832Keywords:
UMKM, Pengembangan UMKM, Desa, Perekonomian Desa, Potensi LokalAbstract
Artikel ini membahas mengenai strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Tanah Rendah, Kecamatan Air Putih,Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Desa ini memiliki potensi UMKM yang signifikan, seperti produk keripik pisang, pepaya, dan singkong. Namun, UMKM di desa ini menghadapi berbagai kendala, termasuk akses pembiayaan yang terbatas, peralatan produksi sederhana, dan strategi pemasaran yang lemah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis tantangan dan strategi pengembangan UMKM. Hasil menunjukkan perlunya dukungan pemerintah melalui akses pembiayaan, pelatihan, penyederhanaan regulasi, dan teknologi. Strategi untuk meningkatkan kapasitas UMKM meliputi pelatihan keterampilan, adopsi teknologi, pemasaran efektif, serta pembangunan jaringan bisnis. Penyederhanaan regulasi dan dukungan teknologi diharapkan dapat membantu UMKM di Desa Tanah Rendah berkembang dan memperkuat perekonomian lokal.Downloads
Published
2024-09-19
How to Cite
Triase, T., Yuliana, T. ., Iqbal, M. ., Putri, L. A. ., Hazwani, N. ., & Zulkifli, Z. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA TANAH RENDAH KABUPATEN BATU BARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8776–8780. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34832
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Triase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.