MEMPERKUAT KETAHANAN EKONOMI KELUARGA MELALUI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG GORENG TUNGGALA OLEH KELOMPOK WANITA TANI DI KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34781Keywords:
Bawang Goreng, Pengelolaan Usaha, Teknologi Produksi, Pemasaran DigitalAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Wanita Tani Bawang Goreng Tunggala di Kota Kendari, yaitu ketergantungan pada pasokan bawang dari luar daerah dan keterbatasan dalam pengelolaan usaha serta strategi pemasaran. Melalui serangkaian pelatihan dan implementasi teknologi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha kelompok tersebut. Pelatihan yang diberikan mencakup manajemen usaha, keuangan, dan pemasaran digital, sementara teknologi yang diterapkan meliputi penggunaan mesin pengiris bawang otomatis dan alat penggorengan kapasitas besar untuk meningkatkan efisiensi produksi. Selain itu, kemitraan dengan pemasok lokal juga dibangun untuk mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar daerah.Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan pengelolaan usaha dan pemasaran digital oleh anggota kelompok, serta peningkatan kapasitas produksi hingga 50%. Produk bawang goreng yang dihasilkan juga telah diajukan untuk memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Publikasi hasil kegiatan dilakukan melalui media cetak dan elektronik, termasuk YouTube. Meskipun ketergantungan pada pasokan bahan baku dari luar tetap menjadi tantangan, dukungan dari pemerintah dan instansi terkait memberikan dorongan positif bagi keberhasilan program ini. Rencana tindak lanjut mencakup pengembangan strategi pemasaran digital yang lebih efektif dan diversifikasi produk. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan usaha mikro yang berkelanjutan di daerah lain.References
Alfina, A., Khoirina, M., & Nastiti, T. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik. Jurnal Abdidas, Query date: 2024-03-14 01:49:24.
Fathara, R., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Strategi Model Bisnis UMKM Kuliner untuk Bertahan di Era COVID-19. Bahtera Inovasi, Query date: 2024-03-23 03:19:26.
Febriani, L., & Saleha, S. (2021). Peran Industri Rumah Tangga Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dan Masyarakat (Studi Pada Industri Rumah Tangga Getas dan Kemplang di Desa Kuarau …. Community: Pengawas Dinamika Sosial, Query date: 2024-03-23 03:00:11.
Maimuna, Y., Limbong, D., & Pracita, S. (2022). Meningkatkan Keterlibatan Perempuan Dalam Pengembangan UMKM Berbasis Pengetahuan Khas Perempuan Kota Kendari. Jurnal Ekonomi, Query date: 2024-01-19 08:35:21. http://www.ecojoin.org/index.php/EJE/article/view/1114
Rahmanta, R., Ayu, S., Fadillah, E., & Sitorus, R. (2020). Pengaruh Fluktuasi Harga Komoditas Pangan Terhadap Inflasi di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Agrica, Query date: 2024-03-23 03:03:05.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asraf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.