PENINGKATAN UMKM LOKAL DESA TAPAK KUDA, KEC. TANJUNG PURA, KAB. LANGKAT MELALUI STRATEGI BRANDING DAN DIGITALISASI MARKETING

Authors

  • Egril Rehulina Ritonga UIN Sumatera Utara
  • Reni Agustina Harahap UIN Sumatera Utara
  • Faisal Aqasha UIN Sumatera Utara
  • Azky Wafi Hasibuan UIN Sumatera Utara
  • Annisa Riandini UIN Sumatera Utara
  • Banafsyah Shafa UIN Sumatera Utara
  • Fahira Ramadhani Saragih UIN Sumatera Utara
  • Nur Syahida Hasiah UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34203

Keywords:

UMKM, Branding, Digitalisasi Marketing

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah bentuk pengabdian dan pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat di daerah tertentu di Indonesia. Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa Tapak Kuda dapat dicapai melalui strategi branding dan digitalisasi marketing yang efektif. Metode  yang  digunakan dalam penelitian adalah  survei  lapangan,  wawancara  dengan  pemangku  kepentingan  lokal,  dan  pendekatan  partisipatif dalam  pelaksanaan  pelatihan  dan  pendampingan  usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi branding dan digitalisasi dalam konteks UMKM lokal dan dampaknya terhadap pertumbuhan dan daya saing usaha.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi branding yang konsisten dan pemanfaatan platform digital secara optimal berkontribusi pada peningkatan visibilitas, kredibilitas, dan volume penjualan UMKM. Penelitian ini memberikan wawasan praktis untuk pengembangan UMKM lokal di desa Tapak Kuda dan berpotensi menjadi model bagi desa-desa lain yang menghadapi tantangan serupa.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Ritonga, E. R. ., Harahap, R. A. ., Aqasha, F. ., Hasibuan, A. W. ., Riandini, A. ., Shafa, B. ., Saragih, F. R. ., & Hasiah, N. S. . (2024). PENINGKATAN UMKM LOKAL DESA TAPAK KUDA, KEC. TANJUNG PURA, KAB. LANGKAT MELALUI STRATEGI BRANDING DAN DIGITALISASI MARKETING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8338–8343. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34203