PERKEMBANGAN AGAMA BAGI ANAK DI DESA TAPAK KUDA, KEC. TANJUNG PURA, KAB. LANGKAT MELALUI KEGIATAN PERLOMBAAN KEAGAMAAN

Authors

  • Nadya Putri Utami Pane UIN Sumatera Utara
  • Reni Agustina Harahap UIN Sumatera Utara
  • Azizah Nurul Hidayati UIN Sumatera Utara
  • Sandrina As Zahra Lubis UIN Sumatera Utara
  • Sholahuddin Yakub Siregar UIN Sumatera Utara
  • Andika Fadli Nasution UIN Sumatera Utara
  • Ade Irma Seftyani Lubis UIN Sumatera Utara
  • Muliyani Muliyani UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34201

Keywords:

Perkembangan Agama, Anak, Perlombaan Keagamaan, Desa Tapak Kuda

Abstract

Melalui lomba keagamaan, penelitian ini berupaya mengkaji bagaimana perkembangan agama anak di Desa Tapak Kuda. Upaya ini dilakukan untuk mempromosikan cita-cita agama dan memperluas kesadaran beragama di usia muda. Dengan pendekatan deskriptif, metodologi penelitian bersifat kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data selama kompetisi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kontes keagamaan, seperti kontes membaca, berbicara, dan kecerdasan religius, memiliki efek yang menguntungkan pada praktik keagamaan dan pemahaman pemuda desa. Karakter anak-anak dibentuk dan perasaan kebersamaan mereka diperkuat oleh kompetisi ini, yang juga meningkatkan pemahaman agama.

References

Aziz, A. (2018). Filsafat dan Agama: Sebuah Kajian Kompromis-Analitis. Humanistik, Vol. 4, No. 2, 2. https://doi.org/10.36835/humanistika.v4i2.33

Azizah, N. (2018). Hubungan Ilmu dan Agama dalam Perspektif Islam Telaah Pemikiran Kuntowijiyi. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi islam dan Sains, Vol. 1, 153. https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/24

Dila Rukmi Octaviana, R. A. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat dan Agama. Jurnal Tawadhu, Vol. 5, No. 2, 155. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.227

Hidaytullah, S. (2016). Relasi Filsafat dan Agama (Perspektif Islam). Jurnal Filsafat, Vol. 40, No. 2, 132.

Imran, M. A. (2015). Sejarah Terlengkap Agama-Agama di Dunia . Yogyakarta: Ircisod.

Mohammad Fahri, A. Z. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, Vol. 25, No. 02, 95.

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur'an dan hadist. Jurnal Kajian Al-Mu'ashirah: media Kajian Al-Qur'an dan Hadis Multi Perspektif, Vol. 18, No. 1, 61. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

Ritonga, R. S. (2022). Hubungan Filsafat dan Agama. Renalisa: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, Vol. 1, No. 2, 1. https://doi.org/10.572349/relinesia.v1i2.183

Zanzabil Adwa Fitrian, A. N. (2022). Perspektif Islam Tentang Signifikan Antara Filsafat dan Ilmu. Aqlania: Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, Vol. 13, No. 2, 254. https://doi.org/10.32678/aqlania.v13i2.6226

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Pane, N. P. U. ., Harahap, R. A. ., Hidayati, A. N. ., Lubis, S. A. Z. ., Siregar, S. Y. ., Nasution, A. F. ., Lubis, A. I. S. ., & Muliyani, M. (2024). PERKEMBANGAN AGAMA BAGI ANAK DI DESA TAPAK KUDA, KEC. TANJUNG PURA, KAB. LANGKAT MELALUI KEGIATAN PERLOMBAAN KEAGAMAAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8328–8332. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34201