ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN PADA PT. BANK MANDIRI KCP SIDRAP RAPPANG

Authors

  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wahyuni Saleh Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Irga Ayu Permadi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Elisa Saputri Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33767

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk Tabungan, Bank Mandiri, KCP Sidrap Rappang, Studi Kasus.

Abstract

PT. Bank Mandiri KCP Sidrap Rappang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Mandiri KCP Sidrap Rappang. Bank Mandiri KCP Sidrap Rappang telah menerapkan berbagai strategi pemasaran, termasuk analisis dan segmentasi pasar, penentuan target pasar, serta positioning produk yang berfokus pada inovasi dan keandalan layanan perbankan. Selain itu, bank ini menggunakan bauran pemasaran yang mencakup pengembangan produk, penetapan harga kompetitif, pemilihan lokasi strategis, dan promosi melalui berbagai saluran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan daya tarik produk tabungan, Bank Mandiri KCP Sidrap Rappang perlu terus berinovasi dalam strategi pemasarannya. Rekomendasi yang diberikan mencakup pengembangan program loyalitas dan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk meningkatkan keterlibatan nasabah dan kepercayaan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan Bank Mandiri KCP Sidrap Rappang dapat mengatasi tantangan yang ada dan meningkatkan pertumbuhan saldo tabungan serta jumlah nasabah baru

References

Hadion Wijoyo, Denok Sunarsi, dan I. I. (2546). Strategi Pemasaran UMKM di Masa

Pandemi (Vol. 5, Issue 1).

Haslindah. (2021). Cost Promotion Dan Peningkatan Market Share Produk Tabungan Pt . Bank Mandiri ( Persero ) Tbk. Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi, 1(1), 107–119.

Israwati, Hermansyah, T. Irawan, Fajrig Arsyelan, & Avid Opel Alexander. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm Tekat Tiga Dara. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 72–76. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510

Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Krisniawati, K., & Zulkarnain, M. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(1), 23–

https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i1.1295

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education.

Mujib, A., & Basyariyah, I. F. (2022). Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Di Bank Syariah Mandiri Kcp Ampel Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah …, 7(30), 1619–1671. https://journal.um- surabaya.ac.id/Mas/article/view/21731%0Ahttps://journal.um-

surabaya.ac.id/Mas/article/download/21731/7348

PUTRA, R. A. (2019). Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Pt. Bank Mandiri Micro Busines Unit.

http://repository.fe.unj.ac.id/7078/%0Ahttp://repository.fe.unj.ac.id/7078/1/LAP ORAN PKL.pdf

Sihite, T. S., Tarigan, V., Saragih, M., & Siregar, R. T. (2022). STRATEGI PEMASARAN PADA BANK PEMERINTAH: STUDI KASUS PT. BANK MANDIRI Tbk. CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2004. GOVERNANCE:

Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 7(1), 31–36. https://doi.org/10.56015/governance.v7i1.38

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis Angelica Tamara. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Yanti, I., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Haslinda, H., Saleh, W. ., Permadi, I. A. ., & Saputri, E. . (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN PADA PT. BANK MANDIRI KCP SIDRAP RAPPANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9285–9291. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33767