PENATAAN RUANG POJOK BACA (RPB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS DI ERA KURIKULUM MERDEKA BAGI SISWA SD NEGERI 091464 PARAPAT

Authors

  • Sanggam Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Basar Lolo Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Siska Anggita Situmeang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Fine Eirene Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Junisari Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Naomi Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Daniel Binsah Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Bintoro Duma Erwanda B Manalu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar,
  • Santa R Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33089

Keywords:

Penataan, Ruang Pojok Baca (Rpb), Kemampuan Literasi Baca Tulis

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan Penataan Ruang Pojok Baca (RPB) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Di Era Kurikulum Merdeka Bagi Siswa SD Negeri 091464 Parapat. Pelaksanaan  kegiatan  PKM  melibatkan  Tim  pengabdi  dan  Mahasiswa  Sejumlah  8  orang  secara bergotong royong bersama-sama dengan para guru. Dekorasi dinding ruang pojok baca disusun sesuai dengan desain yang telah dibuat. Dekorasi ruang pojok baca dibuat agar pembaca merasa betah dan kerasan berada di ruang  tersebut. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik lebih termotivasi dan nyaman untuk membaca. Berdasarkan  hasil  pembahasan  diatas  dapat  disimpulkna  hasil  pengabdian  kepada masyarakat ini sebagai berikut : (1) kegiatan pengabdia masyarakat berupa peningkatan literasi siswa melalui program baca di sekolah. Kemudian (2) manfaat program ini dapat meningkatkan literasi siswa di Di berbagai sekolah dapat dilihat dari hasil evaluassi akhir  mereka.  Selain  itu,  dapat  meningkatkan  kemampuan  mereka  dalam menyimpulkna sebuah cerita dari suatu buku. (3) pengembangan dari pojok baca ini seperti  membuat  resume  dapat  membuat  siswa  lebih  meningkatkan  keterampilan mereka dalam menulis resume dan dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa.pemanfaatan pojok baca yang nyaman, kreatif dan lebih bergaya simpel dan menarik minat dari siswa dalam berliterasi.

References

Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar, E. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan DAN Konseling, 4(5), 1999–2003. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.31004/JPDK.V4I5.6895

Amiroh, S. (2018). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Taufiqiyah Semarang Skripsi. HTTPS://EPRINTS.WALISONGO.AC.ID/ID/EPRINT/14304

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.31849/PB.V9I2.8859

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. HTTPS://DOI.ORG/10.31004/BASICEDU.V4I1.302

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. HTTPS://DOI.ORG/10.33222/JLP.V7I1.1714

Farrahatni, F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Sd N Semanan 04 Pagi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10242–10249. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.31004/JPTAM.V6I2.4034

Fauziah, S. N., Sumiyani, S., & Ramdhani, I. S. (2022). Peran Guru DALAM Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V DI Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan DAN Konseling (Jpdk), 4(5), 205–214. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.31004/JPDK.V4I5.6566

Fithriani, N. N. (2021). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di Mi Al-Furqan Muhammadiyah Banjarmasin 3.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi MELALUI Kegiatan Pojok Baca DI Sd Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1). HTTPS://DOI.ORG/10.23917/BLBS.V1I1.9301

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca DALAM Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. HTTPS://DOI.ORG/10.24036/JIPPSD.V3I2.107562

Kurniawan, W., Anam Sutopo, & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca UNTUK Meningkatkan Minat Baca Siswa Mi Muhammadiyah Kartasura. Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42. HTTPS://DOI.ORG/10.54259/PAKMAS.V1I1.31

Luchiyanti, A., & Rezania, V. (2022). Upaya Guru DALAM Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan DAN Pembelajaran, 11–19. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.21093/TWT.V9I2.4211

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh BUDAYA LITERASI SEKOLAH MELALUI PEMANFAATAN SUDUT Baca TERHADAP MINAT MEMBACA Siswa DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan DAN Konseling, 2(1), 81–85. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.31004/JPDK.V2I1.599

Ramadhanti, N. N., & Julaiha, S. (2019). Pemanfaatan Sudut Baca DALAM Meningkatkan Minat Baca Siswa DI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah DAN Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 39–46. HTTPS://DOI.ORG/10.21093/JTIKBORNEO.V1I1.1724

Ramayani, N., & Fahrijal, M. M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Kelas Xi Mas Persiapan Negeri Besitang. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 72–82. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.31004/JPTAM.V6I2.4034

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan DAN Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. HTTPS://DOI.ORG/10.24042/TERAMPIL.V6I2.4829

Sudarto, S., Sabir, A., & Nurfadilah, N. (2022). Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6087–6092. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.47492/JIP.V3I5.2047

Sudiana, N. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah DENGAN Pocari DAN Puding. Journal OF Education Action Research, 4(1), 10. HTTPS://DOI.ORG/10.23887/JEAR.V3I4.23075

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan MINAT MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI MEMBACA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Proceeding OF Biology Education, 3(1), 26–31.

Yani, S., Lubis, E., & Hasibuan, M. (2022). Pojok Literasi DI Sdn 47 Desa Bajak 1 UNTUK Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas 4. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 1(2), 45–52.

Additional Files

Published

2024-08-13

How to Cite

Siahaan, S. ., Siahaan, B. L. ., Situmeang, S. A. ., Siahaan, F. E. ., Sianturi, J. ., Simanjuntak, N. ., Gaol, D. B. L. ., Manalu, B. D. E. B. ., & Sihombing, S. R. . (2024). PENATAAN RUANG POJOK BACA (RPB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS DI ERA KURIKULUM MERDEKA BAGI SISWA SD NEGERI 091464 PARAPAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7615–7619. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33089