PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DENGAN MELIHAT KONDISI PASAR SAAT INI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33047Keywords:
Peningkatan Strategi, Pemasaran, Media Sosial.Abstract
UMKM merupakan salah satu tumpuan ekonomi Indonesia saat ini. Produsen dan tenaga kerja dalam kegiatan produksi merupakan salah satu bagian utama dari UMKM. Masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pemasaran produk. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan strategi pemasaran mengenai pemanfaatan media sosial melalui kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU). Tridarma perguruan tinggi merupakan wujud peran serta dosen dan mahasiswa, sebagai salah satu bentuk tridarma adalah KKU. Pada era industri 5.0 para produsen dan tenaga kerja diharuskan untuk memiliki kemampuan lebih dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Pendampingan peningkatan strategi pemasaran melalui media sosial dipilih sebagai media pendukung strategi pemasaran agar dapat meningkatkan strategi pemasaran UMKM yang menarik dan diminati oleh para konsumen. Kegiatan KKU dilaksanakan pada UMKM Kopi Lelet Viola Desa Soditan, Kecamatan Lasem. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data dan paparan yang bersumber dari hasil pelatihan UMKM serta bersumber kajian literatur yang relevan. Dengan dilaksanakan kegiatan ini para produsen dan tenaga kerja memiliki kompetensi lebih dalam pemanfaatan media sosial dan telah berhasil membuat media sosial sendiri. Selain itu kreativitas prosen dan tenaga kerja menjadi meningkat dengan adanya kegiatan ini.References
Arifin, S. R., & Haryanto, R, 2021, Peran manajemen sumber daya manusia melalui usaha mikro kecil dan menengah untuk penguatan ekonomi Kinerja, 425-430.
Budiwijaksono, G. S., Rachmawan, A. S., Yulianti, A. K., Putra, F. D., Arhofa, G. A., Rukmana, S, 2022. Pengembangan Pemasaran Online Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kewirausahaan UMKM Di Kelurahan Bongkaran. Jurnal Abdimas Patikala, 322-341.
Deny, Septian, 2022, Digitalisasi Jadi Modal Penting UMKM Muluskan Ekspansi Bisnis, https://www.liputan6.com/bisnis/read/4919519/digitalisasi-jadi-modal-penting-umkm-muluskan-ekspansi-bisnis, 20 atau 2023.
Rizal Aulami, & Fenty Ariani, 2022, Aplikasi E-Marketplace Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Mobile. Journal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1):66-72.
Sanjaya, A. P. (2020). Analisis SWOT Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Mesin Diesel. Skripsi: Universitas Sanata Dharma.
Sony Hendra Permana, 2017, Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Journal garuda. Kemdikbud.go.id, 8(1):93-103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Laela Ardiyanti, Ghorza Fahma Adzkia, Susanti Dwi Ilhami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.