PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KATOLIK SANTO ANTONIO KABUPATEN OECUSSE-TIMOR LESTE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32700Keywords:
Pengajaran Bahasa Indonesia, Penutur AsingAbstract
Bahasa Indonesia merupakan bahasa asli yang digunakan oleh sekitar 240 juta orang di Indonesia. Namun, bahasa ini juga penting bagi penutur asing yang ingin belajar tentang budaya Indonesia dan menjalin hubungan bisnis dengan orang Indonesia. Oecusee memiliki beberapa sekolah menengah salah satu diantaranya adalah Sekolah Menengah Atas Katolik di bawah naungan Yayasan Santo Antonio yang memiliki dua jurusan yaitu IPS dan Jurusan IPA. Namun ada beberapa kendala yang dijumpai di lapangan bahwa kebanyakan pengajar lokal yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda sehingga proses pembelajaran tidak efektif. Program yang ditawarkan mencakup empat keterampilan berbahasa yaitu Keterampilan keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis dengan metode berbasis teks dan dikaitkan dengan budaya masyarakat Oecusee Timor Leste. hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat ini menemukan metode mengajar yang diterapkan memberikan dampak positif terhadap perkembangan belajar siswa dan tingkat pengetahuan siswa terhadap materi yag diberikan sangat tinggi. Banyak siswa yang sangat antusias terhadap pemebalajaran bahasa Indonesia di Timor Leste. Metode mengajar,teknik mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sebagai saran untuk kedepannya pemerintah mengembangkan metode mengajar dan bahan-bahan mengajar bagi pengajar lokal di timor lesteReferences
Cipto, B. 2007. Hubungan Internasional di Asia Tenggara. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kusmiatun. 2016. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media.
Pringgawidagda, S. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita.
Rose, D., and Martin, J.R. 2012. Learning to Write, Reading to Learn. MPG United Kingdom: Books Group.
Sufanti, Mine. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat. FKIP Universitas Muhammadyah Surakarta.
Sukanto, S. 2001.Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Suyitno, ‘Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi
Pengajarannya’. Yogyakarta: Grafik Indah, 2005.
Wojo Wasito. 1976. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Bandung : Shinta Dharma
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktaviana M.F.Q. Bobe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










