PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KATOLIK SANTO ANTONIO KABUPATEN OECUSSE-TIMOR LESTE

Authors

  • Oktaviana M.F.Q. Bobe STKIP Sinar Pancasila
  • Rozario Mendonca Da Costa STKIP Sinar Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32700

Keywords:

Pengajaran Bahasa Indonesia, Penutur Asing

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa asli yang digunakan oleh sekitar 240 juta orang di Indonesia. Namun, bahasa ini juga penting bagi penutur asing yang ingin belajar tentang budaya Indonesia dan menjalin hubungan bisnis dengan orang Indonesia. Oecusee memiliki beberapa sekolah menengah salah satu diantaranya adalah Sekolah Menengah Atas Katolik di bawah naungan Yayasan Santo Antonio yang memiliki dua jurusan yaitu IPS dan Jurusan IPA. Namun ada beberapa kendala yang dijumpai di lapangan bahwa kebanyakan pengajar lokal yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda sehingga proses pembelajaran tidak efektif. Program yang ditawarkan mencakup empat keterampilan berbahasa yaitu Keterampilan keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis dengan metode berbasis teks dan dikaitkan dengan budaya masyarakat Oecusee Timor Leste. hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat ini menemukan metode mengajar yang diterapkan memberikan dampak positif terhadap perkembangan belajar siswa dan tingkat pengetahuan siswa terhadap materi yag diberikan sangat tinggi. Banyak siswa yang sangat antusias terhadap pemebalajaran bahasa Indonesia di Timor Leste. Metode mengajar,teknik mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sebagai saran untuk kedepannya pemerintah mengembangkan metode mengajar dan bahan-bahan mengajar bagi pengajar lokal di timor leste

References

Cipto, B. 2007. Hubungan Internasional di Asia Tenggara. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kusmiatun. 2016. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media.

Pringgawidagda, S. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita.

Rose, D., and Martin, J.R. 2012. Learning to Write, Reading to Learn. MPG United Kingdom: Books Group.

Sufanti, Mine. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat. FKIP Universitas Muhammadyah Surakarta.

Sukanto, S. 2001.Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Suyitno, ‘Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi

Pengajarannya’. Yogyakarta: Grafik Indah, 2005.

Wojo Wasito. 1976. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Bandung : Shinta Dharma

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Bobe, O. M. ., & Costa, R. M. D. . (2024). PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KATOLIK SANTO ANTONIO KABUPATEN OECUSSE-TIMOR LESTE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7269–7275. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32700

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.