EFEKTIVITAS PELAYANAN PENUMPANG DOMESTIK DI PT.PELINDO CABANG BENOA

Authors

  • Putu Ditha Septianee Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Wulandari Laksmi P Universitas Pendidikan Nasional
  • I G. N. Oka Ariwangsa Universitas Pendidikan Nasional
  • Komang Widhya Sedana Putra P Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32159

Keywords:

Pelayanan, Pelabuhan, Kapal, Domestik

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki keragaman budaya, etnis, dan bahasa yang sangat kaya. Pulau-pulau utamanya mencakup Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dengan Jakarta sebagai ibu kotanya di pulau Jawa. Sebagai negara dengan banyak pulau, Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang dan kekayaan hayati laut yang luar biasa. Transportasi Laut di Negara Indonesia sangat berpengaruh dikarenakan Negara Indonesia sendiri terdiri dari ribuan kepulauan. Dalam aktivitas Transportasi laut diperlukannya Pelabuhan yang Dimana, Pelabuhan sendiri memiliki peran penting dalam perdanganan dan pariwisata domestik dan Internasional. Pelabuhan benoa yang di Kelola oleh PT. Pelindo Cabang Benoa merupakan Pelabuhan utama yang ada di bali dalam melayani penumpang domestik. Dalam hal ini perlu, untuk memastikan kepuasan penumpang dan meningkatkan daya Tarik kepada Masyarakat dalam operasional Pelabuhan ini. Dalam memastikan hal tersebut, diperlukan Analisa efektivitas dari pelayanan penumpang domestik. Analisa ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam layanan yang diberikan Dalam pengabdian ini, dilakukanya observasi secara langsung dalam menganalisa efektivitas pelayanan penumpang domestik di PT. Pelindo Cabang Benoa. Karena kompleksitas dan pentingnya fungsinya, analisis efektivitas pelayanan penumpang domestik sangat penting untuk memastikan bahwa penumpang puas dan pelabuhan menjadi lebih menarik

References

Arsy, M. F. (2021). KEBIJAKAN MARITIM DALAM MENUNJANG KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI LAUT. In SENSISTEK (Vol. 4, Issue 1).

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Bab Ii Fakta Dan Permasalahan. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Ayuningtias, D. A., & Purwaningsih, R. (2018). Penilaian Standar Kelayakan Pelayanan Penumpang Dan Fasilitas Di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Industrial Engineering Online, 6.

Bumi Akpelni Semarang, P., Utami, T., Diah Kusumawati, E., studi KPN, P., Kpn, F., Bumi Akpelni Semarang Jl Pawiyatan Luhur, P. I., & Dhuwur, B. (2021). KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENUNJANG TRANSPORTASI LAUT DI ERA DIGITAL. In National Seminar on Maritime and Interdisciplinary Studies (Vol. 3, Issue 1).

Dirang, M. (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA RUANG TUNGGU PENUMPANG PELABUHAN TANJUNG PERAK DENGAN METODE SERVQUAL DAN TRIZ. In Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi (Vol. 02, Issue 01).

Dormawaty, R., Sijabat, P., & Setiawan, M. D. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan (Penumpang Domestik) Terhadap Kualitas Pelayanan Di Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Prosiding Seminar Pelayaran Dan Teknologi Terapan, 2(1), 47–55. https://doi.org/10.36101/pcsa.v2i1.125

Emanuela, E., Dokter, S., Di, U., Detusoko, P., Ende, K., & Tenggara Timur, N. (2022). Jurnal Multidisiplin Indonesia. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 499–513. https://jmi.rivierapublishing.id/

Gatra, A., & Buntoro, K. (2020). Kapabilitas Pengawak Container Scanner Security System Dalam Mendeteksi Barang-Barang Impor Di Pelabuhan Tanjung Priok Capability of Container Scanner Security System Officer in Detecting Imported Goods At Tanjung Priok Port. 17–34.

Hadiana, M. B., & Hermanto, A. W. (2020). Berbasis Boarding Pass Di Pelabuhan Tanjung. Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(2), 1–8.

Hardiyanti, S. A., Naris Wari, W., Melati, D., Sandi, N., & Tyas, A. A. (2019). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA PELABUHAN KETAPANG BANYUWANGI ( ANALYSIS OF SERVICE LEVELS ON PASSENGER SATISFACTION IN KETAPANG BANYUWANGI PORT) (Vol. 4, Issue 2).

Meita, P., Taruna, R., Logistik, M., Transportasi, P., Bali, D., Stifani, A., Taruna, C., Firmansyah, R. A., Soimun, A., Lecturer, T., & Logistik, M. (n.d.). ANALISIS KELAYAKAN FASILITAS PELABUHAN BENOA SEBAGAI TOURISM (CRUISE) PORT DI BALI. In Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (Vol. 10, Issue 1).

Prasetya, W., Badan, A., Perhubungan, L., & Medan, J. (n.d.). 555 Faktor-Faktor Utama Pelayanan Terminal Penumpang di Pelabuhan, Wahyu Prasetya Anggrahini THE MAIN FACTOR OF PORT PASSENGER TERMINAL SERVICES.

Putri, P., Dewi, A., Gede, C., Yudistira, P., & Widiantara, I. M. (n.d.). Evaluasi Kualitas Pelayanan SWRO PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra Regional 3 Dengan Metode Importance Performance Analysis dan TRIZ (Studi Kasus: Pelabuhan Benoa). https://repository.pnb.ac.id

Soemarmi, A., & Diamantina, A. (2019). Konsep Negara Kepulauan Dalam Upaya Perlindungan Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 48(3), 241. https://doi.org/10.14710/mmh.48.3.2019.241-248

Sunaryo, T. (2019). Indonesia Sebagai Negara Kepulauan. Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional, 2(2), 100.

Zurkiyah, S. (n.d.). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN PENUMPANG TELUK NIBUNG ASAHAN, TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Septianee, P. D. ., P, K. W. L. ., Ariwangsa, I. G. N. O. ., & P, K. W. S. P. . (2024). EFEKTIVITAS PELAYANAN PENUMPANG DOMESTIK DI PT.PELINDO CABANG BENOA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7359–7364. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32159

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.