PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS BAHASA ARAB MELALUI PELATIHAN MENULIS HURUF ARAB DI JAMAAH MASJID PONDOK GEDE BEKASI

Authors

  • Raden Ahmad Barnabas Universitas Negeri Jakarta
  • Ahmad Murodi Universitas Negeri Jakarta
  • Aziz Surya Anggara Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30224

Keywords:

Huruf Arab, Menulis Bahasa Arab, Jamaah FORSILA

Abstract

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih Jamaah Forum Silaturahim Antar Masjid dan Mushola agar masyarakat semakin terampil dalam menulis bahasa Arab sesuai dengan kaidah penulisan serta menjadi bekal tambahan bagi Jamaah FORSILA untuk mengajarkan masyarakat luas untuk menulis huruf arab, baik itu antar anggota keluarga maupun masyarakat sekitar FORSILA. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk workshop mengajarkan menulis dengan media buku tulis (Imla Manqul). Kegiatan ini disampaikan dengan beberapa metode diantaranya metode ceramah, praktik menulis dan dialog interaktif. Berdasarkan pengamatan langsung dan tanya jawab kepada peserta kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, dapat diketahui bahwa program pengabdian pada masyarakat yang dilakukan ini memberikan hasil yang positif, yaitu meningkatnya pemahaman dan pengetahuan Jamaah yang tergabung dalam FORSILA Masjid Pondokgede Bekasi tentang peningkatan kompetensi menulis Bahasa Arab melalui pelatihan menulis huruf arab; selain itu, para Jamaah yang tergabung dalam FORSILA Masjid Pondokgede Bekasi Selatan dapat mengimplementasikan pemahaman penulisan huruf arab degan baik dan benar, meningkatnya kesadaran jamaah khususnya jamaah yang tergabung dalam FORSILA Masjid Pondokgede Bekasi dalam menyikapi permasalahan penulisan yang ada di lingkungannya.

References

Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127

Ghofur, M Abdul, and Chainun A’ini. “Pelatihan Penulisan Dengan Metode Imla’di Ponpes As-Sunniyyah Jember.” An-Nuqthah 1, no. 2 (2022): 57–62. https://doi.org/10.1234/an-nuqtah.v1i2.626

Isbah, F. (2023). Memahami Karakteristik Bahasa Arab untuk Pembelajaran. Bashrah, 3(01), 1-10.

Mubarak, H. (2018). Asal Usul Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 108–123. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.565

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285-297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462

Prihatiningtyas, Suci, Fatihatun Nikmatus Sholihah, TsabitaDina Hanifa, and Wakhidatus Syifa. “Pemberdayaan Santri Putri Sabilul Huda Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengetik Arab Menggunakan Teknologi Komputer.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2021): 44–50.

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(2), 95.

Zulfa, I., & Syam, R. S. El. (2024). Implementasi Metode Imla’ Manqul Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Di TPQ Tanwirut-Thullab Panikel, Kampung Laut, Cilacap. 4. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.404

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Barnabas, R. A. ., Murodi, A. ., & Anggara, A. S. . (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS BAHASA ARAB MELALUI PELATIHAN MENULIS HURUF ARAB DI JAMAAH MASJID PONDOK GEDE BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5460–5464. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30224

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.