PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS BAHASA ARAB MELALUI PELATIHAN MENULIS HURUF ARAB DI JAMAAH MASJID PONDOK GEDE BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30224Keywords:
Huruf Arab, Menulis Bahasa Arab, Jamaah FORSILAAbstract
Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih Jamaah Forum Silaturahim Antar Masjid dan Mushola agar masyarakat semakin terampil dalam menulis bahasa Arab sesuai dengan kaidah penulisan serta menjadi bekal tambahan bagi Jamaah FORSILA untuk mengajarkan masyarakat luas untuk menulis huruf arab, baik itu antar anggota keluarga maupun masyarakat sekitar FORSILA. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk workshop mengajarkan menulis dengan media buku tulis (Imla Manqul). Kegiatan ini disampaikan dengan beberapa metode diantaranya metode ceramah, praktik menulis dan dialog interaktif. Berdasarkan pengamatan langsung dan tanya jawab kepada peserta kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, dapat diketahui bahwa program pengabdian pada masyarakat yang dilakukan ini memberikan hasil yang positif, yaitu meningkatnya pemahaman dan pengetahuan Jamaah yang tergabung dalam FORSILA Masjid Pondokgede Bekasi tentang peningkatan kompetensi menulis Bahasa Arab melalui pelatihan menulis huruf arab; selain itu, para Jamaah yang tergabung dalam FORSILA Masjid Pondokgede Bekasi Selatan dapat mengimplementasikan pemahaman penulisan huruf arab degan baik dan benar, meningkatnya kesadaran jamaah khususnya jamaah yang tergabung dalam FORSILA Masjid Pondokgede Bekasi dalam menyikapi permasalahan penulisan yang ada di lingkungannya.References
Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127
Ghofur, M Abdul, and Chainun A’ini. “Pelatihan Penulisan Dengan Metode Imla’di Ponpes As-Sunniyyah Jember.” An-Nuqthah 1, no. 2 (2022): 57–62. https://doi.org/10.1234/an-nuqtah.v1i2.626
Isbah, F. (2023). Memahami Karakteristik Bahasa Arab untuk Pembelajaran. Bashrah, 3(01), 1-10.
Mubarak, H. (2018). Asal Usul Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 108–123. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.565
Noor, I. H. (2010). Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285-297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462
Prihatiningtyas, Suci, Fatihatun Nikmatus Sholihah, TsabitaDina Hanifa, and Wakhidatus Syifa. “Pemberdayaan Santri Putri Sabilul Huda Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengetik Arab Menggunakan Teknologi Komputer.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2021): 44–50.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(2), 95.
Zulfa, I., & Syam, R. S. El. (2024). Implementasi Metode Imla’ Manqul Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Di TPQ Tanwirut-Thullab Panikel, Kampung Laut, Cilacap. 4. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.404
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raden Ahmad Barnabas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










