SOSIALISASI PERANAN MAUJANA NAGORI DALAM MEMBINA HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG MULTIETNIK DI NAGORI PAMATANG SIMALUNGUN KECAMATAN SIANTAR

Authors

  • Corry Corry Universitas Simalungun
  • Ulung Napitu Universitas Simalungun
  • Marhaeni K.D. Matondang Universitas Simalungun
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun
  • Desyar Tania Apelin Saragih Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2983

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan partuha maujana nagori dalam membina harmonisasi kehidupan masyarakat yang multietnik di nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar. Selain tujuan tersebut kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat agar dapat mewujudkan kehidupan yang harmonis, walaupun komunitas yang bermukim di Nagori Pamatang Simalungun bersifat pluralis bila ditinjau dari segi suku, agama, ras, dan antar golongan. Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini digunakan metode ceramah dan Tanya jawab dari para narasumber kepada seluruh anggota masyarakat yang menghadiri sosialisasi tersebut. Untuk mengoptimalkan kegiatan sosialisasi narasumber terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kepala Nagori agar dapat mengundang masyarakat serta menetapkan waktu sosialisasi sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Hasil kegiatan sosialisasi menunjukkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya peranan maujana nagori dalam mewujudkan integrasi dan harmonisasi kehidupan etnik yang bersifat pluralis di Nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar. Disamping itu juga mereka antusias untuk mengikuti sosialisasi serta bersedia untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat konstruktif untuk mendukung pembangunan dan harmoni kehidupan di tengah-tengah masyarakat yang bersifat multietnik.

Downloads

Published

2021-11-30 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Corry, C., Napitu, U. ., Matondang, M. K. ., Saragih, R., & Saragih, D. T. A. . (2022). SOSIALISASI PERANAN MAUJANA NAGORI DALAM MEMBINA HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG MULTIETNIK DI NAGORI PAMATANG SIMALUNGUN KECAMATAN SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1167–1180. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2983 (Original work published November 30, 2021)