PELATIHAN MENYUSUN SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA MENGGUNAKAN MENDELEY DEKSTOP DAN WORD PLUGIN BAGI DOSEN UNIVERSITAS OTTOW GEISSLER

Authors

  • Fegie Y Wattimena Universitas Ottow Geissler
  • Reni Koibur Universitas Ottow Geissler
  • Bryan C Matulessy Universitas Ottow Geissler

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2980

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dosen Universitas Ottow Geissler dalam menggunakan aplikasi untuk menyusun sitasi dan daftar pustaka menyebabkan dalam menulis laporan karya ilmiah maupun artikel atau proposal masih dilakukan secara manual dan hasilnya banyak terjadi kesalahan dalam penulisan. Hal ini yang mendorong tim pelaksana PKM untuk melaksanakan pelatihan menyusun sitasi dan daftar pustaka menggunakan mendeley dekstop dan word plugin bagi dosen Universitas Ottow Geissler agar para dosen mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan mengoperasikan aplikasi mendeley baik menggunakan PC/Laptop dan Handphone. Selain itu dosen juga dapat melakukan pencarian sumber pustaka yaitu artikel penelitian lewat DOAJ dan pencarian e-book dengan mudah. Metode pelaksanaan pelatihan adalah metode pendampingan dengan teknik ceramah, diskusi dan praktek langsung pada komputer dan Handphone. Hasil dari pelatihan ini yang diukur melalui Pre Test dan Post Test adalah yaitu bahwa seluruh peserta berhasil menggunakan aplikasi mendeley dalam menyusun Sitasi dan daftar pustaka, seluruh peserta merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat.

Downloads

Published

2021-11-30 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Wattimena, F. Y. ., Koibur , R. ., & Matulessy , B. C. . (2022). PELATIHAN MENYUSUN SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA MENGGUNAKAN MENDELEY DEKSTOP DAN WORD PLUGIN BAGI DOSEN UNIVERSITAS OTTOW GEISSLER. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1149–1155. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2980 (Original work published November 30, 2021)