IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR BERBASIS JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI MI DARUL ULUM 01 NGEMBALREJO KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29569Keywords:
Joyfull Learning; Media Pembelajaran; Papan Pintar;Abstract
Pendidikan merupakan sebuah perjalanan atau proses membimbing anak anak agar anak anak tersebut dapat berproses menjadi anak dengan pribadi yang lebih baik terutama dalam membentuk identitas, pengetahuan, kemampuan berpikir dan akal. Dalam sebuah pembelajaran, banyak ditemukan kesulitan yang dihadapi oleh guru maupunn siswa, salah satunya adalah semangat dan antusias siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran. Terkait hal tersebut guru perlu menggunakan media serta model pembelajaran yang sesuai agar pembelajaran menyenangkan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyaksikan bagaimana penerapan serta pemahaman siswa terkait penggunaan media pembelajaran papan pintar berbasis joyfull learning pada mata pelajaran matematika kelas 2 di MI Darul Ulum 01 Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaknimetode penjabaran yang menggambarkan suatu fenomena yang terjadi di lapangan secara nyata dan apa adanya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi di MI Darul Ulum 01. Hasil analisis penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa Penerapan media pembelajaran berbasis joyfull learning dapat diterima oleh siswa dan efektif untuk dilaksanakan di kelas 2, siswa dinilai dapat memberikan kemampuan berpikirnya dengan maksimal sehingga pembelajaran antara guru dan siswa menjadi tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan perantara media pembelajaran papan pintar.Downloads
Published
2024-06-29
How to Cite
Kinesti, R. D. A. ., & Nisa, R. K. . (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR BERBASIS JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI MI DARUL ULUM 01 NGEMBALREJO KUDUS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5740–5744. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29569
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Rakanita Dyah Ayu Kinesti, Riska Kholiliya Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.