PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DENGAN MENGOPTIMALISASIKAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PADA MASYARAKAT DESA BANYONENG DAJAH BANGKALAN

Authors

  • Yusrianto Sholeh STKIP PGRI Bangkalan
  • Sibro Mulisi STKIP PGRI Bangkalan
  • Luluatul Mubasyiroh STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28671

Keywords:

Ekonomi kreatif, Media social, Daya Tarik, Lapangan Kerja.

Abstract

Salah satu cara dalam pengembangan ekonomi adalah dengan mengoptimalkan media yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan untuk pemasaran produk kerajinan. Penggunaan media social dianggap membawa banyak dampak baik bagi pengembangan ekonomi. Warga bisa memasarkan produknya hingga ke jangkauan public. Penelitian ini dilakukan pada keggiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) desa Banyoneng Dajah kecamatan Geger kabupaten Bangalan. Dengan sasaran obyek usaha milik Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sumberdaya ekonomi kreatif yang memiliki daya Tarik dan berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan serta pemanfaatan penggunaan media social dalam pengembangan UMKM Masyarakat banyoneng dajah. Data dikumpulkan melalui Forum group discussion Bersama masyarakat banyoneng dajah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil peneletian menunjukan bahwa usaha ekonomi yang berpeluang membuka lapangan pekerjaan adalah jasa pertanian, perdagangan dan industri rumah tangga.

References

Fitria, J. R., Metarini, R. A., & Wardani, W. G. (2022). Pelatihan Peningkatan Kesejahteraan Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui E-Commerce Gerakan Pemuda Ansor Kelurahan. In Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, Issue 2). http://pijarpemikiran.com/

Hasanah, N. (2019). upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui strategi pengembangan badan usaha milik desa (bumdes) desa melirang kecamatan bungah kabupaten gresik. q i e m a ( Q o m a r u d d i n I s l a m i c E c o n o m y M a g a z i n e ).

Marlinah, L. S. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. XVII(2). www.bekraf.go.id

Pantow, S., Palar, S., & Wauran, P. (2015). analisis potensi unggulan dan daya saing sub sektor pertanian di kabupaten minahasa.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Putra, R., Rizal Hendrawan, E., Samuel Wiyendra, E., Iswandaru Prasetya Aji, R., Audrick Badreswara, R., Cahyo Saputro, D., Christy Giovanni, A., Grace Evanda, M., Novianti, N., Tandaningtyas Sundoro, B., Atma Jaya Yogyakarta, U., Babarsari No, J., Depok, K., Sleman, K., & Istimewa Yogyakarta, D. (2022). Pelatihan Pengolahan Singkong menjadi Olahan Keripik dan Donat di Desa Playen. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 2(2).

Rahmat, S., Ikhsanudin, M., Diani, R., Kusuma, Y. F., Putri, S., Ningrum, P. A., Afrianti, A., Prasetia, I., Sari, N. I., Faina, F., & Annisa, N. (2021). Pengolahan Hasil Pertanian dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Petani di Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 1(2), 156–167. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i2.265

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Sholeh, Y. ., Mulisi, S. ., & Mubasyiroh, L. . (2024). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DENGAN MENGOPTIMALISASIKAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PADA MASYARAKAT DESA BANYONENG DAJAH BANGKALAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4498–4503. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28671