LITERASI KESEHATAN MENTAL ORANGTUA DALAM MENANGGULANGI MASALAH PERILAKU DAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Sri Ariyanti Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Indri Erwhani Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Uji Kawuryan Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Farhan Pramudia Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Hafidz Irman Fahreza Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Kalista Islami Putri Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27877

Keywords:

Literasi, Kesehatan Mental, Perilaku, Emosi, Orangtua

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan wawasan masyarakat khususnya orangtua murid dan guru akan pentingnya kesehatan mental pada anak usia dini melalui diskusi kesehatan mental serta pengalaman dalam mengatasi masalah perilaku dan emosi anak/ Menguatkan peran orangtua untuk menanggulangi terkait masalah perilaku dan emosi dengan membangun komunikasi efektif, mempelajari teknik release emosi negatif. Mempraktikkan cara mengelola emosi orangtua pada pengasuhan Anak Usia Dini. Peserta pada kegiatan ini adalah Guru TK Aisyiyah Bustanul Atfal dan orangtua murid yang berjumlah 34 orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Seluruh peserta dapat mendemostrasikan cara mengelola emosi orangtua pada pengasuhan Anak Usia Dini sehingga akan membangun jiwa yang kuat dan mental yang sehat.

References

Cusick, S. E. and Geogieff, M. K. (2016). ‘The Role of Nutrition in Brain Development: The Golden Opportunity of the “First 1000 Days”’, Journal of Pediatric, 175, pp. 16–21.

Duriana Wijaya, Y. et al. (2019). ‘Kesehatan Mental di Indonesia: Kini dan Nanti’, Buletin Jagaddhita, 1(1), pp. 1–4. Available at: https://buletin.jagaddhita.org/es/publications/276147/.

Kemdikbud Ristek. (2022). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD.

Mu’awwanah, U., & Supena, A. (2020). Peran Orang Tua dan Keluarga dalam Penanganan Anak dengan Gangguan Komunikasi. Jurnal Basicedu, 5(1), 227–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.620

Mukminin, A., Pranoto, Y. K. S. and Sumanto, R. P. A. (2022). Model Pemenuhan Kesehatan Mental Pada Anak Prasekolah Dengan Pelibatan Lingkungan Mesosistem di Daerah Pedesaan. Semarang.

Prihatiningsih, E., & Wijayanti, Y. (2019). Gangguan Mental Emosional Siswa Sekolah Dasar. HIGEAI Journal of Public Health Research and Development, 3(2), 252–262.

Puspita, S. M. (2019). Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 85–92.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018

Sofiaty, A. (2020) ‘Penerapan Program Parenting PAUD Holistik Integratif (HI) dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang dan Perlindungan Anak Usia Dini.’, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 November, pp. 192–204.

Zubaidah, N. (2020) ‘Kemendikbud Ingin 75% Paud di Indonesia Menjadi Paud Holistik Integratif’, sindonews.com. Available at:

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Ariyanti, S. ., Erwhani, I. ., Kawuryan, U. ., Pramudia, F. ., Fahreza, H. I. ., & Putri, K. I. . (2024). LITERASI KESEHATAN MENTAL ORANGTUA DALAM MENANGGULANGI MASALAH PERILAKU DAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 4026–4030. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27877