PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN E-PRESENTATION DENGAN APLIKASI CANVA DI SDN 027 TANJUNG SELOR KECAMATAN TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27723Keywords:
E-presentation, Canva, Media PembelajaranAbstract
Dalam meningkatan mutu Pendidikan di Indonesia, guna meningkatkan kompetensi guru dibutuhkan kegiatan pelatihan yang mampu mewujudkan kompentensi guru. Penggunaan dan pengembangan Media pembelajaran merupakan salah satu yang harus dikembangkan mengingat pentingnya media yang menarik dan inovatif sehingga mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik. Saat ini berbagai macam aplikasi yang tersaji dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk electronic presentation. E-Presentation merupakan penerapan teknologi yang menghadirkan efektifitas pada aktivitas pembelajaran. Konsep e-presentation ialah guru dan siswa memanfaatkan teknologi yang ada kapanpun dan dimanapun secara real time, tidak perlu dilakukan secara tatap muka. Demi tercapainya pemahaman akan teknologi guru maka dilakukan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan kompetensi guru, harapannya dengan diberikan pelatihan ini berupa pelatihan pembuatan e- presentation dengan mengunakan aplikasi canva dan diterapkan secara tatap muka dapat meningkatkan kompetensi guru.References
Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E- Learning Universitas Negeri Padang. 17(2), 1–10.
Muhammad Junaidi, Yuli Syafitri, Lusia Septia ER, Wahyu Budi Utama, Usman Rizal, (2023), Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pembuatan E-Presentation Dengan Aplikasi Canva Dan Google Class Room Pada Smk Satu Nusa 1 Bandar Lampung
Muhammad Junaidi, Trisnawati, Kasmi, Wulandari, Rulin Suastika, Sri Ipnuwati,(2022) Pengembangan Aplikasi Umkm Go Online Pada Pekon Bandungbaru Barat
Mohammad Tegar Kharissidqi, Vicky Wahyu Firmansyah, (2022) Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8, 19–35.
Nurhayati, Machdalena Vianty, Medio Lailatin Nisphi,Dian Eka Sari (2022) Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang
Rhodhiathi Fadzillah, Talitha Salsabila , Nazrida Kurna, Silvina Noviyanti (2022) Analisis Keefektifan Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Siswa Sekolah Dasar
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar , Arya Dani Setyawan , Enggar Kartikasari, Ditya Yulia Kurnia (2022) Strategi Dalam Mencapai Kapabilitas Belajar Siswa Melalui Smartphone Pada Era Pembelajaran Tatap Muka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eri Suparjan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.