SOSIALISASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN GUNA MENCAPAI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG EFEKTIF DI DESA SIPAKU AREA, KECAMATAN SIMPANG EMPAT

Authors

  • Nurliana Ritonga Universitas Asahan
  • M Syaiful Zuhri Rangkuti Universitas Asahan
  • Annisa Manda Sari Universitas Asahan
  • Elbiani Daulay Universitas Asahan
  • Faturrahman Faturrahman Universitas Asahan
  • Fery Herianto Siahaan Universitas Asahan
  • Mutiara Hasibuan Universitas Asahan
  • Prasetio Wibowo Sitorus Universitas Asahan
  • Shannaz Tahnia Universitas Asahan
  • Yuliana Yuliana Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27662

Keywords:

Sosialisasi, Desa Sipaku Area,Administrasi Kependudukan

Abstract

Masalah yang dihadapi warga adalah kurangnya informasi, pendidikan, dan sosialisasi dari pihak kelurahan kepada masyarakat tentang cara menyimpan dokumen kependudukan. metode intervensi mezzo (intervensi terhadap kelompok dan komunitas) dan makro (intervensi melalui kebijakan dan aksi sosial). pekerjaan kelompok, yaitu untuk membantu perkembangan intelektual, emosional, dan sosial individu melalui aktivitas kelompok. Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi alur pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Sipaku Area.

References

Basuki, U. (2021). Cakrawala Hukum Cakrawala Hukum. Cakrawala Hukum, 12(1), 95–110. https://e-journal.unwiku.ac.id/hukum/index.php/CH/article/view/171

Creighton, O. H., Outram, A. K., & Wilkinson-Keys, E. (2024). New light on the Warwick Shaffron: understanding horse and shaffron size through the collections of the Royal Armouries. Arms and Armour, 21(1), 1–24. https://doi.org/10.1080/17416124.2024.2308447

Kurniawan Agung, L. (2016). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4 nomor 3(1), 27–46.

Lei, S., Wang, S., Zhu, Z., Lu, M., Li, X., Shen, Y., & Chen, J. (2024). Reliability and Validity of Warwick-Edinburgh Mental Well-Being Scale among Chinese Civil Servants. International Journal of Mental Health Promotion, 26(1), 61–67. https://doi.org/10.32604/ijmhp.2023.045478

Nurlatipah, A., Muhafidin, D., & Hidayat, A. F. (2024). ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ( Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya ). 5(1), 1–9.

Paramita, P. M. A. P., Wijaya, K. A. S., & Yudartha, I. P. D. (2024). Efektivitas Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Ke Rumah Tinggal (SAMSAT KERTI) Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus: Kantor Bersama Samsat Gianyar). Ethics and Law Journal: Business and Notary, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.61292/eljbn.148

Safitri, L. A., Widiyarta, A., Ilmu, F., Politik, I., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2024). Implementasi Program Pelayanan Malam Dalam Kepengurusan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Jambangan Kota Surabaya. 4, 9449–9462.

Saskia, A., & Fahlevy, M. R. (2024). Evaluasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) Di Kabupaten Kutai Barat Tahun 2022. 10(4), 428–437.

Yaafi Rozaan Prasojo, Tri Tiya Widiyarini, M. R. N. A., & Wahyudi, K. E. (2024). Strategi Pemerintahan Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Banjarsari Kabupaten Probolinggo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(2), 759–760.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Ritonga, N. ., Rangkuti, M. S. Z. ., Sari, A. M., Daulay, E. . . ., Faturrahman, F., Siahaan, F. H. ., Hasibuan, M. ., Sitorus, P. W. ., Tahnia, S. ., & Yuliana, Y. (2024). SOSIALISASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN GUNA MENCAPAI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG EFEKTIF DI DESA SIPAKU AREA, KECAMATAN SIMPANG EMPAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3920–3923. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27662