PELATIHAN PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAME EDUKASI DI UPT SPF SDN PAMPANG KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27343Keywords:
Pelatihan, Pembelajaran Digital, Game Edukasi.Abstract
Pendidikan merupakan faktor kunci dalam pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Dalam era digital saat ini, penting bagi institusi pendidikan untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan pembelajaran digital berbasis game edukasi di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Pengembangan Fungsional (SPF) SDN Pampang Kota Makassar. Metode pelatihan melibatkan para guru dan staf administrasi sekolah dalam pembelajaran teori dan praktik penggunaan game edukasi sebagai alat bantu pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang potensi game edukasi dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.References
Anwar, F., & Susilo, H. (2020). Implementasi Game Edukasi sebagai Metode Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN XYZ. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 87-98.
Bahri, S., & Rahman, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45-54.
Fadillah, R., & Setiawan, A. (2021). Penerapan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDN Puri Sleman. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 112-124.
Hidayat, A., & Wulandari, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Mekar Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 23-34.
Irawan, A., & Sari, D. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cikalong Wetan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 67-76.
Kusuma, D., & Widiastuti, E. (2021). Implementasi Game Edukasi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 34-45.
Nugraha, R., & Pratama, B. (2020). Pemanfaatan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Banyudono. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 78-89.
Permana, R., & Kurniawan, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas V SDN Bintaro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 56-65.
Putri, R., & Santoso, B. (2021). Pengembangan Game Edukasi Interaktif sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 98-109.
Rahman, D., & Setiawan, R. (2020). Penerapan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Taman Sari. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 45-56.
Susanto, A., & Wibowo, B. (2019). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN Pangkalan Jati. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 34-43.
Utami, D., & Fauzi, A. (2021). Implementasi Game Edukasi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SDN 3 Parakan. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 76-87.
Wijaya, E., & Santoso, D. (2020). Penerapan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Kebumen. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 67-78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.