MENENTUKAN TEMA DALAM CERITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27314Keywords:
Cerita, Pembelajaran, TemaAbstract
Artikel ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan menentukan tema dalam cerita yang dilaksanakan bersama musayarawah guru mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA sekabupaten Ngada. Tema sebaai ide dasar cerita merupakan nsur penting dalam sebuah cerita pendek. Kegiatan menentukan tema dalam cerita menggunakan metode langsung, yakni service learning relevan dengan Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) dalam bidang pendidikan. Hasil yang diperoleh dapat diketahui dari kegiatan, diskusi menentukan tema cerpen yang disiapkan dengan mengikuti langkah-langkahnya. Kegiatan ini berdampak positif pada minat, kreativitas, sikap kritis para guru yang akan diteruskan kepada siswa dalam pembelajaran di kelas.References
Azis, Y. A. (2022). Cara Menentukan Tema Cerpen dengan Mudah. BukuNesia, February 21, 2022.
Budiarti, Rizqi Putri Nourma., Emy Yunita Rahma Pratiwi., D. S. (2022). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah berbasis Service Learning untuk Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3(2), 359–366. https://doi.org/. https://doi.org/10.47679/ib.2022230.
Fauzia.A. (2023). Hutan Merah. (Brainacademy.Id, 2023), Cerpen Hutan Merah Karya Fauzia. A. (brainacademy.id, 2023),
Fatin, I., & Mubarok, I. W. (2022). Pendampingan Literasi Menulis Cerpen Santri di Masa Pandemi Covid-19. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 71–81., 31(1), 71–81.
Hidayat, Rofmat., Anggi Indah Yuliana., R. M. (2022). Pendampingan Pemahaman Materi Greeting dengan Media Viddeo Scribe di MTs Tauhidayah Bojonegoro. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6–10.
Jauhari Heri, Folklor Bahan Kajian Ilmu Budaya, Sastra dan Sejarah. 2018.
Bandung: Yrama Widya.
Mahendra, Muh. Izhar, A. W. (2023). Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi. Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi. Journal Language and Literacy Education Osf.Io. Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/q4m8vINA-Rxiv Papers | Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi (osf.io)
Rini, Damayanti (2015). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Victory Agency.
Sugono, D. dkk. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. ed.3. Balai Pustaka.
Tarigan, H. (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Angkasa.
Wissang, Imelda Oliva, Rikardus Pande, Sesilia Sika Koten, N. (2024). Co-Creative Writing Menggunakan Teknik Transformasi Teks Cerita Rakyat Lamaholot Menjadi Naskah Drama Pada Siswa Kelas X Farmasi SMK Katolik Henricus Leven, Flores Timur. Journal Communnity Development Journal, 4(6), 13003–13012.
Wissang, I.O; Pande, Rikardus; Deta, Bernadete. (2023). Pendampingan Menulis Cerita Fabel Berbasiskan Kearifan Budaya Lamaholot Siswa SMPS Ratu Damai, Flores Timur. Journal of Community Research and Engagement Volume 4 Number 2 (2023) May – October 2023 Page: 389-401 E-ISSN: 2716-0750 P-ISSN: 2715-7997 DOI: 10.37680/amalee.v4i2.2771 Indonesian.
Wissang, Imelda Oliva., Maria Lito Teluma., M. R. B. W. (2023). Menulis Puisi Menggunakan Metode Langsung. Journal on Education, 5 (2), 3277–3289.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imelda Oliva Wissang, Alexander Bala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.