SOSIALISASI CANVA: OPTIMALISASI KREATIVITAS GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Sutarini Sutarini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sutikno Sutikno Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Rahmat Kartolo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26959

Keywords:

Canva, Kreativitas, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP IT Daarul Istiqlal Marindal-I dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mendesain media pembelajaran melalui sosialisasi penggunaan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan melibatkan ceramah, diskusi, dan pelatihan sederhana kepada 15 guru SMP IT tersebut. Hasil angket respon guru menunjukkan dampak positif yang signifikan. Efektivitas sosialisasi Canva dinilai positif oleh 86,7% guru, yang menyatakan bahwa sosialisasi membantu mereka memahami cara menggunakan Canva untuk mendesain media pembelajaran. Peningkatan kepercayaan diri guru terhadap penggunaan Canva terlihat signifikan, dengan sebagian besar guru (73,3%) merasa lebih percaya diri setelah pelatihan. Guru juga menyatakan bahwa Canva dapat meningkatkan kreativitas dalam mendesain media pembelajaran, dengan 93,3% guru yakin akan hal ini. Sebagian besar guru (73,3%) menyatakan niat untuk mengimplementasikan Canva dalam pembelajaran di masa depan. Meskipun mayoritas guru menunjukkan minat dan keinginan untuk mengimplementasikan Canva dalam pembelajaran, beberapa di antaranya masih merasa kurang percaya diri atau mungkin membutuhkan dukungan tambahan. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan pelatihan lanjutan dan dukungan teknis agar guru dapat mengoptimalkan pemanfaatan Canva secara efektif. Dengan demikian, sosialisasi Canva dapat dianggap berhasil dalam meningkatkan kreativitas guru dan berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di SMP IT Daarul Istiqlal Marindal-I.

References

Adelina, Yusnita & Amin Harahap. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 06, No. 02, Juli 2022, hal. 1325-1334.

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8(I), 31–43.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2)

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Sutarini, S., Sutikno, S., & Kartolo, R. . (2024). SOSIALISASI CANVA: OPTIMALISASI KREATIVITAS GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2190–2197. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26959