INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL STUDI : WEBSITE SINYAMAN DINSOSKU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26791Keywords:
E-Government, Pelayanan,Kesejahteraan Sosial, Sinyaman DinsoskuAbstract
Dalam pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin meningkat. Pemerintah harus turut ikut andil agar mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance). Kolaborasi antara pemanfaatan teknologi dan pelayanan publik ini diterapkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial berbasis E-Government yaitu adanya Website Sinyaman Dinsosku. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi pelayanan melalui Website ‘Sinyaman Dinsosku’ di Dinas Sosial Kabupaten Kuningan dilihat dari elemen sukses e-government menurut Indrajit yaitu Support, Capacity, dan Value. Metode penelitian ini menggunakan kualititaf deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam penerapan Website Sinyaman Dinsosku di Kabupaten Kuningan jika dikaji berdasarkan Teori Elemen Sukses e-Government bahwa Website Sinyaman Dinsosku ini telah optimal dalam segi penerapannya, tetapi berbagai dukungan SDM, Sarana dan Prasana, serta insfratruktur anggaran kurang memadai.References
Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2012. (2012).
Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2019 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Dan Uraian Tugas, Serta Tata Kerja Dinas Sosial Kabupaten Kuningan.
Indrajit, R. (2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital.
Layanan Online Dinsos. (2017). Dinsos Kab.Kuningan. https://dinsos.kuningankab.go.id/layanan-online-dinsos/
Pawar, M. (2023). Poverty, Policy and the Poor. International Journal of Community and Social Development, 5(2), 137–145. https://doi.org/10.1177/25166026231179075
Trismayanti, M. (2023). Analisis sektor unggulan dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Journal of Economics and Business UBS, 12(1), 792–805.
Brown, D. (2005). Electronic government and public administration. International Review of Administrative Sciences, 71(2), 241–254. https://doi.org/10.1177/0020852305053883
Crivellari, P. (2019). Building public innovation for industrial risk prevention and crisis management: Genesis and development of a unique collaborative innovation. Social Science Information, 58(4), 589–607. https://doi.org/10.1177/0539018419880106
Gati, R. A. (2022). Tabel 1 Hasil Evaluasi SPBE Kota Bandung , Kota Surabaya dan Kota Tangerang. 4(1), 37–46.
Gusti Walinegoro, B., Saputra, G., Inayah, F., & Widya Sari, L. (2023). Tata Kelola Inovasi Layanan Publik: Program Lasamba (Layanan Sambang Warga) Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Journal of Governance Innovation, 5(1), 42–60. https://doi.org/10.36636/jogiv.v5i1.2285
Malhotra, C., Anand, R., & Soni, V. (2020). Menciptakan Arsitektur Digital Publik.
Mirnasari, R. M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 71–84.
Putri, A., Kurniansyah, D., & Priyanti, E. (2022). Inovasi pelayanan publik berbasis website opensid. Jurnal Manajemen, 13(4), 621–629. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.9885
Internet
Prosedur Layanan Sinyaman Dinsosku. (2017). Dinsos Kab.Kuningan.
BPS Indikator Kemiskinan 2021-2023. (2023).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khaerunisa Khaerunisa, Hanny Purnamasari, Lolita Deby Mahendra P
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.