WORKSHOP PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA PADA PRAKERJA SMK BIFOR DAN UMKM DI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26773Keywords:
Pemanfaatan, Sosial Media, Prakerja dan UMKMAbstract
Penguasaan teknologi informasi yang menjadikan internet of things termasuk sosial media kegiatan pemasaran yang berbasis e-commerce sangat penting untuk diketahui oleh prakerja dan pelaku UMKM, selain dianggap mempunyai peran yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian dan UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian nasional. Dengan maraknya pertumbuhan usaha saat ini, pesaingan pasar pun semakin tajam. Peralihan pasar dari offline ke online menyebabkan pelaku usaha yang tidak memanfaatkan sosial media marketingnya kehilangan kesempatan untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya workshop pemanfaatan sosial media ini diharapkan dapat memotivasi para pelajar yang memasuki prakerja dan pelaku UMKM mempraktekan ilmu yang didapat sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing dengan pasar yang lebih luas.References
Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.
Alma, Buchori. (2014). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit CV Alfabeta.
Chen, C. B., & Kao, P. L. (2012). The Effects of the Hospital Marketing Promotion on Consumer’s Choice of Hospitals Consumers. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 8(1), 156-168.
Devi Maulidasari, C., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Teuku Umar [email protected], 2(1).
D’Aveni, R. A. (2014). Hypercompetition, new edition. New York: The Free Press.
EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 40-58.
Fahrezi, Rifai, M., & Argenti, G. (2022). Implementasi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Melalui Program Pelatihan Dan Bantuan Alat. Jurnal Kewarganegaraan.
Hapsoro, B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Mitra Media Wacana.
--------. Abdul. (2016). Manajemen Pemasaran dan Strateginya, alat untuk memenangkan Persaingan. Jakarta: Penerbit Prenada.
--------. Abdul. (2018). Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Mitra Media Wacana.
--------. Abdul. (2021). Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Jakarta: Mitra Wacana Media
--------. Abdul. (2023). Pemerkasaan Bisnis Era Digital. Palangkaraya: Ruang Karya
--------. Abdul. (2023). The Role of Fintech in Macro, Small and Medium Enterprises (MSMES). Jurnal Ekonomi, Volume 12 No. 1. 2023.
Noviyanto. (2020). Promosi Usaha Melalui Media Sosial. Retrieved June 5, 2020 from
Nurjaya. (2022). Digital Entrepreneurship. Surabaya: Penerbit Cipta Media Nusantara.
Philip, K. (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Pratama Marpaung, A., Shareza Hafiz, M., & Dari, W. (t.t.). (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 2021–2294.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Manap1
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.