ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING: STRATEGI KULIAH DI PERGURUAN TINGGI DENGAN BERBAGAI BEASISWA DI SOLOK SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26762Keywords:
Motivasi, Beasiswa, PendidikanAbstract
Kemajuan sebuah bangsa berkorelasi dengan tingkat pendidikan penduduknya. Masyarakat Indonesia saat ini yang mengenyam pendidikan tinggi jumlahnya masih rendah yaitu hanya 6%. Penyebab rendahnya siswa SMA dan sederajat tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diantaranya adalah kesulitan ekonomi, kurangnya informsi mengenai perguruan tinggi, rendahnya motivasi dari siswa itu sendiri dan faktor lingkungan yang tidak mendukung siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Urgensi diadakannya pengabdian masyarakat dalam bentuk Achievement Motivation Training (AMT) pada tiga SMA sederajat di Solok adalah untuk mendorong siswa melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi dengan berbagai beasiswa yang banyak tersedia. Kegiatan ini dilakukan di SMAN 2 X Koto Singkarak, Pontren MA Muhamadyah Saningbakar dan SMK 1 Solok. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada bulan Januari-Februari 2024. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini didahului oleh identifikasi masalah yang ada di sekolah melalui diskusi dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Kemudian kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan melaksanakan pelatihan dengan metode roll play, video education, games, sharing motivation tanya jawab dan simulation. Setelah AMT diadakan, siswa memberikan testimoni bahwa mereka merasa bersyukur mengikuti kegiatan ini karena timbul motivasi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pemahaman mereka menjadi bertambah bahwa pendidikan dapat memutus rantai kemiskinan.References
Hendradno Syafi’I (2019), Pengaruh Achievement Motivation Training Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTM)
Zulfa, et al (2023), Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ISSN 2614-221X (print) Volume 6, No. 1, Januari 2023 ISSN 2614-2155 (online)
Rio Natannael Wijaya, et al, (2022) Pengaruh Pelatihan Motivasi Berprestasi Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Didik Komunitas X. Psychopreneur Journal, 2022, 6(2): 94-105 ISSN 2598-649X cetak/ ISSN 2598-6503 online
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yesi Elsandra, Tiara Turay, Nadia Insani, Ardhian Agung Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.