SOSIALISASI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU SMKN 5 SIDRAP

Authors

  • Rosmini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Raappang
  • Sam Hermansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Isumarni Isumarni Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nur Hikmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nurul Faradillah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26750

Keywords:

PTK, Guru SMKN 5 Sidrap; Karya Tulis Ilmiah

Abstract

Pendidikan dasar merupakan sekolah yang memiliki peran yang strategis dan fundamental bagi pembangunan bangsa. Sehingga penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar harus diarahkan dan menunjang secara optimal demi mencapai tujuan pendidikan nasional. Peraturan baru yang mengharuskan syarat pernah melakukan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru sebagai syarat naik golongan menjadi sebuah kendala yang cukup berat. Hal tersebut dikarenakan guru SMKN 5 Sidrap tidak terbiasa menulis atau melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Guru harus memenuhi kewajibannya jika ingin naik golongan dan pangkat khususnya dari IV a ke IV b atau dari pangkat Pembina ke Pembina tingkat 1 ke atas. Tujuan dari kegiatan ini ialah menjadikan guru mampu membuat karya tulis ilmiah antara lain PTK agar mampu dimanfaatkan untuk pengembangan profesi. Permasalahan yang dihadapi oleh guru ialah bagaimana mengoptimalkan pembuatan penelitian tindakan kelas guru-guru SMKN 5 Sidrap di dusun Bangun Harjo. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan menggunakan pendekatan sosialisasi. Kegiatan menggunakan metode ceramah, diskusi dan latihan. Hasil dari kegiatan ini mencapai target. Capaian tersebut ialah guru mampu menghasilkan penelitian tindakan kelas yang baik. Pelaksanaan pengabdian masyarakat diikuti oleh 25 guru. dari target 30 guru. Sehingga, ketercapaian peserta 83% atau dapat dinilai baik. Simpulan dalam kegiatan ini ialah ketercapaian target materi yang telah direncanakan pada kegiatan pengabdian ini dapat dinilai baik

References

Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Aksara Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2006). Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tnaga Kependidikan. (2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta

Depdiknas Ditjen Dikti Direktorat Ketenagaan. (2006) Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta

Djuroto, T. (2014). Menulis Artikel Karya Ilmiah. Bandung: RoSMKN 5 Sidrapa Karya.

Hakim, A. (2015). “Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning”. The International Journal of Engineering and Science (IJES). Volume 4 Issue 2 PP.01- 12 ISSN: 2319 – 1813 ISSN: 2319 –

Indrawati, H. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(2), 84-95.

Sukanti. (2008). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.

Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. VI(1), 1 -11

Tatang, M. A. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru se-Indonesia. Yogyakarta.

Widayati, A. (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. VI(1), 87-93. Wiriatmadya, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.

Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia bekerjasama PT Remaja

RoSMKN 5 Sidrapakarya.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Kasman, R. ., Hermansyah, S. ., Isumarni, I., Hikmah, N. ., & Faradillah, N. . (2024). SOSIALISASI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU SMKN 5 SIDRAP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3268–3273. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26750