OPTIMALISASI PENGGUNAAN CHROMEBOOK UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SDN PLAMONGANSARI 01

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26591

Keywords:

Media Pembelajaran, Pengabdian, Chromebook

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek telah memberikan 284.000 laptop Chromebook untuk sekolah-sekolah di Indonesia sejak tahun 2021. SDN Plamongansari 01, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang menjadi salah satu sekolah yang menerima 20 laptop Chromebook pada akhir tahun 2023. Namun berdasarkan Menurut penuturan Ibu Sri Wahyuni selaku Kepala Sekolah, guru-guru di SDN Plamongansari 01 belum terbiasa menggunakan laptop Chromebook. Pelatihan penggunaan laptop Chromebook diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru. Tahapan pengabdian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selama proses pengabdian, penyampaian materi dibagi menjadi beberapa sesi, dimulai dari materi pertama yang disampaikan oleh narasumber I hingga materi terakhir yang disampaikan oleh narasumber V. Pada setiap sesinya para guru diberikan pelatihan mandiri untuk menguji kemampuan mereka. pengetahuan dan kemampuan terhadap materi yang telah disampaikan. Berdasarkan observasi langsung narasumber terhadap kemampuan guru pada saat pelatihan, kemampuan guru dalam menggunakan Chromebook mengalami peningkatan. Fitur dan cara penggunaan aplikasi di Chromebook (Google Docs, Google Slides, dan Spreadsheets) sama seperti Microsoft Word, PowerPoint, dan Excel, yang membedakan adalah offline dan online.

References

Hendriyanto. (2021). Sekolah Dilatih Penggunaan Chromebook untuk Pembelajaran - Direktorat Sekolah Dasar. Diambil 13 Februari 2024, dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/sekolah-dilatih-penggunaan-chromebook-untuk-pembelajaran-2

Nabilla, A. (2023). Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Guru dan Peserta Didik Kelas V SDN Tanjung Mas Semarang - Kompasiana.com. Diambil 15 Februari 2024, dari https://www.kompasiana.com/azza20531/640aab8708a8b56da3550e14/pelatihan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-untuk-guru-dan-peserta-didik-kelas-v-sdn-tanjung-mas-semarang

pendidikan.id. (2023, Januari 23). Memaksimalkan Fungsi Chromebook untuk Pembelajaran dan Asesmen Digital Tanpa Internet. Diambil dari https://pendidikan.id/news/memaksimalkan-fungsi-chromebook-untuk-pembelajaran-dan-asesmen-digital-tanpa-internet/

Rahma, S. N., Cahyono, B. E. H., & Ricahyono, S. (2022). Pemanfaatan Akun Belajar.id Kemdikbud pada Masa Pandemi Covid 19. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 125–147.

Rifa’i, A., Vydia, V., & Kumkandani, T. J. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MICROSOFT OFFICE PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MUKTIHARJO KIDUL 01 SEMARANG. TEMATIK, 1(1). https://doi.org/10.26623/TMT.V1I1.1465

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 560–568. Diambil dari https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Rori, R. A. R. (2023). Teknologi yang Memerdekakan : Menghadirkan Kolaborasi dan Pengalaman Interaktif dalam Pembelajaran – BGP Sulawesi Utara. Diambil 13 Februari 2024, dari https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/2023/05/11/teknologi-yang-memerdekakan-menghadirkan-kolaborasi-dan-pengalaman-interaktif-dalam-pembelajaran/

Saefullah, U. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

SD Islam Al Azhar 29. (2019). Ujian Sekolah Praktik Mata ?Pelajaran Bahasa Indonesia dan TIK kelas 6 SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang - SD ISLAM AL AZHAR 29 SEMARANG. Diambil 15 Februari 2024, dari https://sd-alazhar29.sch.id/ujian-sekolah-praktik-mata-%E2%80%8Epelajaran-bahasa-indonesia-dan-tik-kelas-6-sd-islam-al-azhar-29-bsb-semarang/

Ulum, M., Wildaniyah, W., & Risqiah, J. (2023). Pelatihan Penggunaan Chromebook untuk Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru Sekolah Dasar di SDN Wringin 05 Bondowoso. Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.59106/SALWATUNA.V3I1.127

Wijoyo, H., Musnaini, M., Sunarsi, D., Junita, A., handoko, agus, santamoko, ruby, & Prasada, D. (2020). Blended Learning dan Kompetensi Guru.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Ramdani, A. P. ., Solichan, A. ., Al Amin, M. Z., Khaira, M. ., Ansor, B. ., & Sari, N. C. . (2024). OPTIMALISASI PENGGUNAAN CHROMEBOOK UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SDN PLAMONGANSARI 01. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3855–3860. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26591