UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING PADA PEMUDA KARANG TARUNA DESA RUKAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.26012Keywords:
Peningkatan kemampuan bersosialisasi, Public Speaking, Karang TarunaAbstract
Pengabdian kepada masyarakat dengan skema pengabdian masyarakat pemula melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi public speaking bagi pemuda-pemudi karang taruna idaman desa rukam Kecamatan mendo barat. Pengabdian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan pemuda karang taruna dalam berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia yang baik karena terkadang masih menggunakan bahasa daerah atau bahasa sehari-hari. Public Speaking sangatlah diperlukan dalam bersosialisasi baik sesama pemuda maupun dalam masyarakat di desa. Solusi yang dilakukan pada pengabdian ini dengan cara tahap observasi awal atau analisis situasi tentang pemahaman dan kemampuan pemuda karang taruna terhadap kemampuan berkomunikasi, tahap perencanaan pengabdian, tahap pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan public speaking pada pemuda karang taruna idaman desa rukam, dan tahap evaluasi berupa kegiatan tanya jawab dan latihan terbimbing. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan dua tahapan yaitu tahap observasi dan tahap pelaksanaan pelatihan yang meliputi pemberian materi dan kemudian praktek dengan pemuda-pemudi karang taruna idaman desa rukam Kecamatan mendo barat Kab. Bangka Propinsi Kepilauan Bangka Belitung.References
Anggriani, D., Hamima, N. W., Farah, K., Azka, L., Umara, N. S., Komunikasi, I., Ilmu, F., Ilmu, S., Jakarta, U. M., Ahmad, J. K. H., Tim, K. C., Selatan, K. T., Hukum, I., Hukum, F., Jakarta, U. M., & Dahlan, J. K. H. A. (2022). Percaya Diri Melalui Public Speaking Bagi Anak Panti Asuhan Wisma Karya Bakti.
Fitria, R. A. (2021). Pelatihan Public Speaking Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(1), 74–78.
Girsang, L. R. M. (2018). ‘PUBLIC SPEAKING’ SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359
Intan Zidna Basthian, W. N. (2022). Peran Karang Taruna Dalam Menyelenggarakan Program Pemberdayaan Mayarakat di Desa Sawentar. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 224–236. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/45188
Kawalod, F. A., Rorong, A., & Londa, V. Y. (2013). Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jap, 53(9), 1689–1699. https://media.neliti.com/media/publications/1379-ID-peranan-organisasi-karang-taruna-dalam-pemberdayaan-masyarakat-desa-suatu-studi.pdf
Wiratama, N. S. (2021). KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH Nara Setya Wiratama FKIP - Universitas Nusantara PGRI Kediri. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1).
Andrew, M. (2007), Mengembangkan Kepribadian dengan Berpikir Positif, Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Elly dan Pramana, J. (2006). General Public Speaking. Jakarta: Public Speaking School.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sisi Pitriyana, M. Tohir, Said Akhmad Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










