PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS DALAM RANGKA TRANSFORMASI STIE GANESHA MENUJU UNIVERSITAS GRAHA GANESHA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25685Keywords:
Penyusunan Rencana Strategis, Transformasi, Perubahan Bentuk, Universitas Graha Ganesha, Program Studi, Perguruan Tinggi SwastaAbstract
Kegiatan ini untuk mengetahui efektivitas pendampingan tim perubahan bentuk dalam proses penyusunan rencana strategis (resntra) transformasi STIE Ganesha menjadi Universitas Graha Ganesha. Kegiatan dilakukan sembilan dosen STIE Ganesha sebagai Tim Kelompok Kerja (Pokja) transformasi bentuk Universitas. Program dilakukan selama 11 bulan dari Februari hingga Desember 2023 di kampus STIE Ganesha dan kantor LLDIKTI III Wilayah Jakarta. Metode yang digunakan dengan rapat kerja, penyusunan renstra, pengisian format Borang, presentasi dan visitasi lapangan di kampus B Cakung Jakarta Timur. Kegiatan menunjukkan bahwa kekompakan tim efektif dalam penyusunan rencana strategis transformasi Universitas Graha Ganesha yang ditandai lolos dan diterimanya empat usulan program studi sarjana baru yaitu Ilmu Komputer, Sistem dan Teknologi Informasi, Bisnis Digital dan Teknik Sipil oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi RI. Urgensi transformasi kelembagaan ialah : (a) kejenuhan dan penyesuaian adaptasi di lingkungan sekitar. (b) Meningkatkan kualitas dan daya saing, (c) mempertahankan diri dari kepunahan. (d) mampu bersaing kompetitif di dunia pendidikan. (e) mendukung dunia usaha dan indusri. (f) Meningkatkan status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas. Kegiatan ini berdampak signifikan terhadap kemajuan institusi dan masyarakat luas. Kolaborasi.References
Abrori, H. (2018). Inspiring Leadership Dan Transformasi Kelembagaan Menuju Perguruan Tinggi Islam Yang Unggul. AL-TANZIM?: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.245
Alhamuddin, A., Inten, D. N., Mulyani, D., & Erlangga, R. D. (2022). 21 st Century Learning. Proceedings of the 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021). https://doi.org/10.2991/assehr.k.220407.067
Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan Status Kelembagaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Indonesia. TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 22–44. https://doi.org/10.52166/talim.v2i1.1292
Anwar Abidin, A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi Dalam Upaya Peningkatan Mutu (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Swasta Menengah Di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.95
Arda, D. P., Yulaeli, T., Saefullah, A., & Fadli, A. (2023). Mengungkap Peran Akuntan Publik Di Perguruan Tinggi Swasta: Studi Fenomenologi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubahara, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.31599/jmu.v5i1.1221
Arifin, M. (2017). Manajemen Strategi Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.990
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & …. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/274
Ariwibowo, M. E. (2019). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting , Management & Business, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.37481/sjr.v2i2.64
Asikin, I. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Pendidikan Tinggi. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 318 – 334. https://doi.org/10.55403/hikmah.v6i2.62
Binangkit, I. D., & Siregar, D. I. (2020). Internasionalisasi dan reformasi perguruan tinggi: Studi kasus pada lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 7503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/7503
Firdaus, A., Saefullah, A., & Fahri, F. (2023). The Significance of the Report on the Implementation Education in South Pesisir District. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 12(03). https://doi.org/10.22202/mamangan.v12i03.6953
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Pendirian, Perubahan Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta, Pub. L. No. 51, Kemendikbud RI 1 (2020).
Kemendikbud Ristek RI. (2023a). Aplikasi SIAGA. Web Page. https://siaga.kemdikbud.go.id/
Kemendikbud Ristek RI. (2023b). Pembukaan Penerimaan Usul Pembukaan Layanan Perizinan melalui Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA).
Kemendikbud Ristek RI. (2024). Pembukaan Penerimaan Usul Pembukaan Layanan Perizinan melalui Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA).
Larasati, R., Asnawi, M., & Hafizrianda, Y. (2018). Analisis Penerapan Good University Governance Pada Perguruan Tinggi Di Kota Jayapura. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 2(2), 304–323. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.951
LLDIKTI Wilayah III Jakarta. (2023). Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha menjadi Universitas Graha Ganesha.
Mahmud, M. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (Cetakan ke). RajaGrafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=852447
Mamuaya, S., Harisno, H., Mihuandayani, M., & Arundaa, R. (2020). Perencanaan Knowledge Management System Untuk Tata Kelola Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 7(1), 6–15. https://doi.org/10.25047/jtit.v7i1.122
Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761. https://doi.org/10.53695/SINTESA.V1I1.10.53695/sintesa.v1i1.405
Muksin, M. (2019). Perubahan Status Kelembagaan Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Perubahan Iain Menjadi UIN Dan STAIN Menjadi IAIN. 2(2). https://doi.org/10.15575/JK.V2I2.5820
Mulyasa, E., & Aryani, W. D. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Era Merdeka Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 933. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.933-944.2022
Noer, E. (2019). Kepemimpinan Strategis Dan Perubahan Pada Perguruan Tinggi. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, 10(2), 59–70. https://doi.org/10.35724/jies.v10i2.2409
Prasojo, L. D. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan (Pertama). UNY Press. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132254846/penelitian/BUKU MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN- LANTIP DIAT P.pdf
Ramdhan, D. F., & Siregar, H. S. (2019). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Jurnal Perspektif. http://perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/view/40
Resmi, N. N., & Mekarsari, N. K. A. (2017). Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta Melalui Analisis SWOT. Prosiding Seminar?: Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi, 178–191. https://fisip.unipas.ac.id/wp-content/uploads/2018/09/20171126023321_ni-nyoman-resmi-ni-ketut-adi-mekarsari-prosiding-revitalisasi-tata-kelola-perguruan-tinggi-2017.pdf
Rizal, S., Usman, T., Azhar, A., & Puspita, Y. (2020). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penjaminan Mutu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 469–475. https://doi.org/10.58230/27454312.152
Saefullah, A., Aisha, N., Lesmana, A. S., Holiza, N. E., & Ibad, K. (2023). Peran Orang Tua, Masyarakat dan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 03 Sukadana. Journal on Education, 5(4), 13057–13066. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2305
Saefullah, A., Gustiawan, W., Kuraesin, A. D., Rahmawati, Nurasiah, & Moeljono. (2023). HUMAN RESOURCE MANAGEMENT FUNCTIONS IN BUSINESS SUSTAINABILITY: (Frozen Food Business Case Study). Upajiwa Dewantara?: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen Daulat Rakyat, 7(2), 90–100. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/upajiwa/article/view/15980
Saefullah, A., Nurzanah, E., Andhini, A. N., & Mitagani, E. F. (2022). Sosialisasi Peran Dosen dan Mahasiswa dalam Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 di SDN 03 Sukadana. ABDISOSHUM; Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Humaniora, 1(4), 454–465. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i4.1259
Sonita, E., Helmi, Henmaidi, & Nofialdi. (2022). Transformasi Perguruan Tinggi Islam Tradisional Menuju Perguruan Tinggi Islam Kewirausahaan. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 7(2), 115–126. https://doi.org/10.36665/jusie.v7i02.654
Sukmawati, Y., Fauzi, A. M., & Wijayanto, H. (2021). Identifikasi Prasyarat Transformasi Sistem Manajemen Riset Perguruan Tinggi Indonesia Menuju World Class University. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 330 – 330. https://doi.org/10.17358/jabm.7.2.330
Syafaruddin, S., Mesiono, M., & Muhammedi, M. (2021). Penyusunan Rencana Strategis Dalam Pengembangan Budaya Mutu Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H. ABDUL Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01). https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1497
Syarifudin. (2023). Financial Policy and Employee Behavior in Higher Education; The Planned Behaviour Approach with MARS Model. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3), 736–750. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i3.5187
Syukron, B. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Studi Transformasi Pada Perguruan Tinggi). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 51–62. https://doi.org/10.21009/JPEB.005.1.4
Tafonao, T., Widjaja, F. I., Simanjuntak, M. U., S, D. L., & Sapalakkai, R. S. (2021). Trik Dan Tips Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era Industri 4.0 Dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi Yang Transformatif. Jurnal Educatio, 7(4), 1724 – 1730. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1562
Usman, A. T., Wasliman, I., Nurjaman, U., & Fatkhullah, F. K. (2022). Manajemen Strategis Peningkatan Mutu Dosen Di Perguruan Tinggi Swasta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1471–1492. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3023
Wardhani, R. S., & Suhdi, S. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi (Issue June, p. 106).
Yani, A. (2022). Manajemen Strategi Transformasi Iain Menjadi Uin Mataram. Jurnal Mumtaz, 2(1), 30–49. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ramadani Pardian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.