PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ JALALUDDIN DIWET POGAR BANGIL PASURUAN

Authors

  • Nanang Rokhman Saleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Syaikhon Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Machmudah Machmudah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25430

Keywords:

Guru Mengelola Kelas, Pembelajaran, Al-Qur’an

Abstract

Selama ini pembelajaran membaca  al-Qur’an di TPQ Jalaluddin sudah berjalan baik sesuai dengan petunjuk dan panduan yang terdapat di dalam buku metode qiroati itu sendiri. Namun jika ditinjau dari manajemen kelas (pengelolaan kelas) maka dapat dikemukakan bahwa  pembelajaran al-Qur’an di TPQ tersebut adalah kurang kondusif dan efektif, terbukti masih adanya santri yang ramai, berbicara sendiri, kurang fokus dan tidak memperhatikan bahkan menggangu teman selama pembelajaran al-Qur’an berlangsung. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melaksanakan  kegiatan pengabdian kepada masayarakat di TPQ Jalaluddin Dusun Diwet Kelurahan Pogar Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang peningkatan keterampilan guru  mengelola kelas dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah mengumpulkan para guru TPQ Jalaluddin, kemudian diberikan penyuluhan tentang peningkatan keterampilan guru mengelola kelas dalam pembelajaran al-Qur’an.. Penyuluhan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan evaluasi. Tingkat pengetahuan responden dapat diketahui dengan dilakukan pre test sebelum kegiatan dan post tes sesudah kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang peningkatan keterampilan  guru mengelola kelas  dalam pembelajaran al-Qur’an. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah laporan yang akan dipublikasikan di  jurnal nasional atau prosiding nasional, hak kekayaan intelektual, video kegiatan (youtube), dan  media massa online atau offline, dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman responden serta perubahan perilaku.

References

Abu Zakariya al-Nawawi. 2002. Riyadh al-Shalihin. Beirut Libanon: Dar Thuqun Najah.

Aat Syafaat, Sohari Sahrani, dan Muslih. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Erwin Widiasworo. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Nunung. 2020. Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Ta’allumil Qur’an al-Multazam Broni Kota Jambi. Skripsi. Jambi: UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosihon Anwar. 2009. Ulum Al-Qur’an. Surakarta: Pustaka Setia.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Uzer Usman. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Zakiah Daradjat, dkk. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Saleh, N. R. ., Syaikhon, M. ., & Machmudah, M. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ JALALUDDIN DIWET POGAR BANGIL PASURUAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1640–1644. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25430