ASI EKSLUSIF MEMPENGARUHI PENURUNAN BERAT BADAN IBU

Authors

  • Reni Saswita STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Yuli Suryanti STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Peti Tunjung Sari STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2543

Keywords:

ASI Eksklusif, Penurunan Berat Badan

Abstract

Pemberian ASI eksklusif di Indonesia sebanyak 80% sedangkan Cakupan ASI eksklusif Kota Palembang pada tahun 2018 sebanyak 79,1% Cakupan ini masih dibawah target pencapaian pemberian ASI eksklusif. ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan tanpa makanan pendamping atau tambahan makanan. Salah satu manfaat dari menyusui dengan memberikan ASI secara eksklusif yaitu dapat menurunkan berat badan ibu. Menyusui secara eksklusif dapat menghabiskan 500 kalori per hari (setara dengan kegiatan berenang 30 putaran atau bersepeda menanjak selama satu jam), sehingga berat badan ibu turun secara alami karena cadangan lemak dalam tubuh digunakan untuk proses produksi ASI. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan tentang ASI eksklusif yang berkaitannya dengan penurunan berat badan ibu. Penyampaian materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh sasaran objek penyuluhan sehingga dapat mempermudah sasaran objek penyuluhan untuk mendapatkan informasi mengenai ASI eksklusif. Media yang digunakan dalam penyuluhan seperti  Laptop, LCD, dan PPT sedangkan metode yang digunakan dalam penyuluhan adalah metode ceramah, diskusi dan metode tanya jawab. Kesimpulan dalam kegiatan ini yaitu sasaran objek penyuluhan berantusias dan bersemangat dalam memberikan ASI eksklusif karena berdasarkan evidence base menyusui secara eksklusif dapat membantu menurunkan berat badan ibu. Berdasarkan hasil dari penyuluhan diatas dapat mengembangkan stategi untuk meningkatkan ASI secara eksklusif karena kelebihan berat badan pada wanita usia reproduksi merupakan masalah kesehatan masyarakat. 

Author Biographies

Reni Saswita, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Program Studi DIII Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Yuli Suryanti, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Program Studi DIII Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Peti Tunjung Sari, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Program Studi DIII Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

References

Ifni Wilda. 2021. “Efektivitas Pepaya (Carica Papaya L) Terhadap Kelancaran Produksi Asi Pada Ibu Menyusui.” Jomis (Journal Of Midwifery Science) 5(2): 158–66.

Kementrian Kesehatan Ri. 2019. “Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019.”

Monika, F. 2014. Buku Pintar Asi Dan Menyusui.

Sari, Riezky Monica. 2017. “Gambaran Perubahan Berat Badan Ibu Menyusui Eksklusif Yang Memiliki Bayi Usia 6-9 Bulan Di Desa Bangunkerto Turi Sleman Yogyakarta Karya.”

Sembiring, J. B. 2019. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, Anak Pra Sekolah.

Downloads

Published

2021-10-09